DNA Manusia Purba Denisovan Membentuk Sistem Kekebalan Orang Papua

Kompas.com - 12/12/2022, 13:06 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Sumber Sci-News

KOMPAS.com- Manusia modern diketahui telah kawin dengan Neanderthal, Denisovan dan mungkin hominin kuno atau manusia purba lainnya. Studi terbaru mengungkapkan DNA manusia Denisovan telah membentuk sistem kekebalan pada orang Papua.

Populasi Neanderthal sendiri secara genetik diperkirakan telah berkontribusi pada sekitar 2 persen genom populasi non-Afrika sementara Denisovan diamati memengaruhui genetik populasi yang lebih bervariasi.

Namun secara khusus, Denisovan menyumbang hingga 5 persen dari genom masyarakat adat pulau di Asia Tenggara dan Australia.

Untuk lebih memahami pentingnya kontribusi genetik Denisovan ini, peneliti University of Melbourne Irene Gallego Romero bersama rekannya mencari genom dari 56 individu Papua yang tinggal di Papua Nugini.

Mereka ingin melihat apakah orang Papua membawa sekuens DNA Denisovan atau Neanderthal dan kemudian memprediksi bagaimana sekuens tersebut dapat memengaruhi fungis berbagai jenis sel.

Dikutip dari Sci-News, Minggu (11/12/2022) berdasarkan lokasi urutan non-manusia, peneliti menemukan bahwa DNA Denisovan tampaknya secara kuat dan konsisten memengaruhi sel dan fungsi kekebalan orang Papua.