Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berusia 40.000 Tahun, Jejak Budaya Manusia Purba Ditemukan di China

Kompas.com - 04/03/2022, 10:01 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Jejak budaya manusia purba di Zaman Batu Tua berusia 40.000 tahun ditemukan di situs arkeologi Xiamabei yang terletak di Cekungan Nihewan sekitar 160 km dari barat Beijing, China.

Jejak budaya ini berupa penggunaan pigmen kemerahan yang disebut oker serta alat-alat kecil seperti pisau dari batu.

Temuan ini pun menawarkan pandangan langka tentang kehidupan Homo sapiens serta kerabat manusia yang sekarang sudah punah di wilayah tersebut sekitar 40.000 tahun yang lalu.

Mengutip Science Alert, Kamis (3/3/2022) tim ekskavasi menemukan bukti jejak budaya saat melakukan penggalian di bawah tanah sedalam 2,5 meter.

Lapisan sedimen berlumpur gelap berumur 41.000 hingga 39.000 tahun yang lalu itu berisi artefak dan sisa-sisa hewan, termasuk lebih dari 430 tulang mamalia, bukti fisik penggunaan oker, alat yang terbuat dari tulang, dan lebih dari 380 perkakas kecil yang terbuat dari batu tanah.

Baca juga: Manusia Purba yang Diduga sebagai Nenek Moyang Bangsa Indonesia

"Sisa-sisa itu tampaknya berada di tempat aslinya setelah situs ditinggalkan oleh orang-orang saat itu. Berdasarkan temuan (jejak budaya manusia purba) tersebut, kami mengungkapkan gambaran yang jelas tentang bagaimana orang hidup 40.000 tahun yang lalu di Asia Timur," ungkap Shixia Yang, peneliti dari Chinese Academy of Sciences dan the Max Planck Institute for the Science of Human History.

Mengidentifikasi lapisan sedimen berusia 40.000 tahun yang dipenuhi artefak semacam itu juga merupakan kejutan bagi Francesco d'Errico, rekan penulis studi dan Direktur Penelitian CNRS di Bordeaux University.

Apalagi, itu adalah tempat pembuatan oker paling awal yang diketahui di Asia Timur.

Sebelum penggalian di situs Xiamabei peneliti menyebut bukti penggunaan oker di Asia sangat sedikit

Bukti pemrosesan oker di Xiamabei, lokasi situs di mana jejak budaya manusia purba ditemukan, mencakup dua potong oker dengan komposisi mineral yang sedikit berbeda, serta lempengan batu kapur memanjang dengan area halus yang diwarnai dengan pigmen merah.

Baca juga: Bagaimana Manusia Purba Membuat Api di Dalam Gua?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com