Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manusia Neanderthal Punah karena Kawin dengan Homo Sapiens, Studi Jelaskan

Kompas.com - 22/11/2022, 11:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com- Homo sapiens disebut bertanggung jawab atas kepunahan Neanderthal, bukan karena kekerasan melainkan melalui perkawinan. Studi baru mengungkapkan manusia Neanderthal punah karena kawin silang dengan manusia modern.

Studi yang dipublikasikan di jurnal Palaeo Anthropology menyebut ada kemungkinan perkawinan silang dengan Homo sapiens justru mengurangi jumlah Neanderthal yang kawin dengan sesamanya, yang pada akhirnya menyebabkan kepunahan mereka.

"Pengetahuan kita tentang interaksi antara Homo sapiens dan Neanderthal menjadi lebih kompleks dalam beberapa tahun terakhir, tetapi masih jarang untuk melihat diskusi ilmiah tentang bagaimana kawin silang antar kelompok benar-benar terjadi," kata Chris Stringer, penulis makalah baru ini.

Dikutip dari Phys, Senin (21/11/2022) manusia Neanderthal dan Homo sapiens menyimpang satu sama lain sekitar 600.000 tahun yang lalu dan berevolusi di wilayah yang sangat berbeda di dunia.

Baca juga: Ilmuwan Temukan Gigi yang Mengungkap Kawin Silang Manusia Neanderthal

Fosil manusia Neanderthal telah ditemukan di seluruh Eropa dan Asia, mencapai Siberia selatan.

Diyakini mereka menghabiskan setidaknya 400.000 tahun untuk berevolusi di lingkungan ini, beradaptasi dengan iklim yang lebih dingin daripada yang ditemukan saat ini.

Sedangkan nenek moyang spesies kita sendiri berevolusi di Afrika.

Saat ini, belum dapat dipastikan apakah Homo sapiens merupakan keturunan langsung dari satu kelompok hominin Afrika kuno atau merupakan hasil percampuran antara kelompok berbeda yang tersebar di seluruh benua.

Dari data genetik, sepertinya kedua spesies, manusia Neanderthal dan Homo sapiens ini pertama kali bertemu satu sama lain, ketika manusia modern mulai sesekali keluar dari Afrika sekitar 250.000 tahun yang lalu.

Baca juga: Jejak Manusia Neanderthal di Rumah Masa Kecil Putri Diana

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com