Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ilmuwan Temukan Gigi yang Mengungkap Kawin Silang Manusia Neanderthal

Kompas.com - 04/02/2021, 09:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com- Ilmuwan Inggris menemukan bukti fisik yang menunjukkan adanya kawin silang antara manusia Neanderthal dengan manusia modern.

Selama 10 tahun terakhir, para peneliti berhasil menemukan bukti genetik terjadinya perkawinan silang dua spesies manusia pra sejarah.

Dikutip dari Independent, Rabu (3/2/2021), ini adalah bukti fisik pertama yang mengidentifikasi lahirnya manusia hibrida Neanderthal dan anatomically modern humans (AMH).

Bukti fisik tersebut terdiri dari 11 gigi berusia sekitar 45.000 tahun yang dipelajari selama beberapa tahun terakhir oleh para ilmuwan dari Museum Sejarah Alam, University College London dan University of Kent.

Gigi tersebut ditemukan oleh para arkeolog pada tahun 1910 dan 1911 di sebuah gua di Pulau Jersey, tetapi baru mulai dipelajari secara rinci saat ini.

Baca juga: Bukti Baru Ditemukan, Neanderthal Juga Lakukan Ritual Pemakaman

 

Para ilmuwan telah memastikan dari dua individu Neanderthal yang tengkorak atau tubuhnya telah diletakkan dengan sengaja, di dalam gua La Cotte de St Brelade di tempat yang sekarang ini menjadi kawasan pantai barat dari pulau tersebut.

"Gigi dari kedua individu itu memiliki beberapa ciri khas manusia Neanderthal dan lainnya, yang secara anatomis merupakan manusia modern," kata Profesor Chris Stringer dari Natural History Museum.

Kemungkinan kedua individu hibrida itu adalah anggota komunitas Neanderthal lokal yang secara berkala menghuni gua.

Penemuan gigi di Pulau Jersey mungkin adalah keturunan hibrida manusia Neanderthal atau AMH yang berpotensi membantu memecahkan salah satu misteri terbesar umat manusia.

Baca juga: Studi Baru Ungkap Anak Neanderthal Tumbuh Layaknya Manusia Modern

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com