Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/11/2022, 16:42 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Wilayah Cianjur, Jawa Barat, diguncang gempa bumi pada Senin (21/11/2022). Analisis kekuatan gempa Cianjur terkini memiliki parameter update M 5,6 dan berlokasi di darat dan guncangan gempa terasa sampai Jakarta.

Menurut laporan Badan Meteorologi, Geofisika, dan Klimatologi (BMKG), episenter atau pusat gempa Cianjur yang terjadi pukul 13.21 WIB berada pada koordinat 6,86° LS ; 107,01° BT, atau tepatnya berlokasi di darat wilayah Sukalarang, Sukabumi, Jawa Barat, pada kedalaman 11 km.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menjelaskan berdasarkan mekanisme gempa hari ini di Cianjur tersebut, dengan memperhatikan lokasi pusat gempa dan kedalamannya, termasuk jenis gempa bumi dangkal yang diduga akibat aktivitas sesar Cimandiri.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser atau strike-slip," ujar Dwikorita dalam jumpa pers media.

Gempa Cianjur dirasakan tak hanya di sejumlah wilayah di Cianjur, Sukabumi, Jawa Barat, tetapi juga dirasakan warga di Jakarta.

Terkait dampak gempa Cianjur ini, dosen di Departemen Teknik Geologi Universitas Gadjah Mada (UGM), Gayatri Indah Marliyani menjelaskan bahwa gempa bumi di Cianjur, terjadi akibat pergerakan sesar aktif di darat.

"Analisa mekanisme fokal menunjukkan pergerakan sesar geser kiri dengan kemiringan yang cukup tegak sehingga lokasi episenter berada di dekat zona sesar pemicu gempa tersebut," ujar Gayatri saat dihubungi Kompas.com.

Baca juga: Gempa Terkini M 5,3 Guncang Sukabumi dan Cianjur, Ini Penyebabnya Menurut BMKG

Gayatri menjelaskan, sumber gempa yang dekat dengan permukaan, serta dengan magnitudo yang cukup besar dapat menyebabkan dampak yang merusak dengan cakupan wilayah yang meluas, terutama di sepanjang jalur sesar di mana gempa Cianjur ini terjadi hari ini.

Analisis gempa Cianjur, dijelaskan Gayatri, menunjukkan bahwa efek guncangan gempa hari ini, juga terasa paling besar di area dekat dengan hiposenter atau pusat gempa Cianjur itu sendiri, di mana energi gempa terinisiasi dan mulai menyebar.

Lantas, bagaimana gempa Cianjur ini bisa dirasakan masyarakat di Jakarta?

Gempa Cianjur terasa sampai Jakarta, menurut penjelasan Gayatri, wilayah Jakarta berada cukup dekat dengan lokasi gempa ini, sehingga guncangan gempa Cianjur tersebut masih dapat terasa kuat di wilayah Jakarta dan Bogor.

Selain itu, lanjut Gayatri, tipe tanah dan batuan di bawah kota Jakarta mendukung terjadinya amplifikasi gelombang gempa sehingga efek guncangan terasa lebih kuat di daerah cekungan Jakarta dibandingkan area lain yang berjarak sama yang memiliki batuan cenderung lebih keras.

"Sampai saat ini BMKG sudah mencatat sekitar 15 gempa susulan (gempa Cianjur M 5,6) dengan magnitudo yang semakin mengecil, melihat pola ini gempa susulan kemungkinan akan terus terjadi selama beberapa hari ke depan dengan magnitudo yang semakin mengecil," imbuhnya.

Gempa Cianjur berkekuatan M 5,6, dampak guncangannya terasa hingga Jakarta. Oleh karenanya, Gayatri mengimbau agar masyarakat diharapkan tetap waspada, dan mengikuti perkembangan berita dari sumber-sumber yang tepercaya.

Baca juga: Gempa Sukabumi, Mengapa Terasa Sampai Bandung dan Jakarta?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com