Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Setelah Bedah Bariatrik Berat Badan Bisa Kembali Naik?

Kompas.com - 21/11/2022, 11:05 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Bedah bariatrik adalah kategori operasi bedah untuk membantu orang-orang obesitas menurunkan berat badan.

Dr. dr. Peter Ian Limas, Sp. B, SubSp. BDig, dokter spesialis bedah subspesialis bedah digestif RS Pondok Indah menjelaskan, tindakan bedah bariatrik diperuntukkan pada orang dengan indeks massa tubuh (IMT) di atas 35 tanpa komorbid atau IMT di atas 30 yang memiliki komorbid diabetes atau hipertensi.

Tindakan bedah bariatrik dapat direkomendasikan, jika metode penurunan berat badan lainnya, seperti diet dan olahraga, tak membuahkan hasil.

Baca juga: Melly Goeslaw Jalani Operasi Bariatrik untuk Menurunkan Berat Badan, Operasi Apa Itu?

Cara kerja bedah bariatrik adalah dengan memodifikasi saluran cerna pasien, yang menyebabkan makanan tidak lagi melewati usus dua belas jari atau melewatinya dengan lebih cepat.

Proses ini menyebabkan terjadinya peningkatan hormon GLP-1 yang memperbaiki metabolisme gula oleh insulin, yang selanjutnya akan membantu menghilangkan rasa lapar, memodifikasi profil hormon sehingga lebih efektif bekerja, serta membantu mengurangi kalori yang diserap tubuh.

Salah satu jenis bedah bariatrik yang sering dilakukan yakni sleeve gastrectomy – tindakan pemotongan lambung, kurang lebih sebanyak 85 persen, sehingga didapatkan ukuran lambung yang lebih kecil.

Baca juga: Apa Perbedaan Bedah Bariatrik dan Tummy Tuck?

operasi bariatrikTerelyuk operasi bariatrik

Berat badan kembali naik setelah bedah bariatrik

Lalu, mungkinkah berat badan kembali naik setelah bedah bariatrik?

Menurut dr Peter, manfaat tindakan bedah bariatrik dapat dicapai secara optimal, jika pasien memiliki komitmen dan konsistensi melakukan perubahan gaya hidup setelah bedah bariatrik, termasuk menerapkan pola makan sehat.

“Saya tidak bilang bahwa tidak mungkin gemuk lagi, itu bisa terjadi. Sekali lagi, bariatrik ini hanya sekadar alat, yang penting adalah bagaimana mengubah gaya hidup setelahnya agar berat badan tidak naik kembali,” kata dr Peter dalam acara Media Talkshow – Bedah Bariatrik: Solusi Bebas Obesitas beberapa waktu lalu.

Namun demikian, dr Peter mengungkap bahwa sebuah penelitian menemukan, dibandingkan dengan teknik menurunkan berat badan lainnya, setelah 20 tahun, penurunan berat badan hasil bedah bariatrik masih bisa bertahan sekitar 25 persen, dibandingkan dengan diet dan olahraga yang bertahan hanya sekitar 1 persen.

Baca juga: Apa Saja yang Harus Dilakukan Sebelum dan Sesudah Bedah Bariatrik?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com