Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Manusia dan Makhluk Hidup Lain Bisa Menjadi Tua?

Kompas.com - 14/11/2022, 10:00 WIB
The Conversation,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

Oleh: Laurie Buys

ITU pertanyaan yang bagus, Emily!

Siapa yang menurutmu sudah tua? Apakah seseorang yang lebih tua dari kamu, seperti kakak laki-laki atau perempuan yang menyebalkan? Apakah itu ibumu? Kakekmu? Seseorang dengan kulit keriput?

Atau seseorang yang mungkin sudah berulang tahun berkali-kali dan masih bersenang-senang?

Mungkin kamu mengenal seseorang yang lebih tua yang suka menggunakan aplikasi TikTok. Mungkin mereka suka menari dan bersepeda atau mungkin mereka menertawakan lelucon yang sama seperti kamu?

Baca juga: Latihan Beban untuk Lansia Terbukti Memperlambat Kerusakan Otot

Kamu tahu, cara orang-orang mengartikan menjadi tua dapat berbeda-beda. Jika seseorang telah banyak berulang tahun, mereka mungkin tidak benar-benar merasa tua.

Pemerintah mungkin menyebut mereka tua dan berharap mereka untuk berhenti bekerja atau pensiun. Meski begitu, mereka tidak merasa tua.

Bahkan, beberapa orang yang terus bertambah umur mempelajari hal baru, tidak pernah berhenti bekerja, dan memiliki petualangan-petualangan yang hebat di kehidupan mereka.

Tentu saja, beberapa orang yang lebih tua, seperti beberapa orang yang lebih muda, dapat merasa kesepian. Mungkin mereka juga memiliki beberapa masalah kesehatan, seperti sakit lutut yang membuat mereka tidak dapat berjalan sejauh dan secepat saat mereka muda.

Walau demikian, mereka tetap dapat melakukan hal-hal yang mereka inginkan, berumur panjang, dan hidup sehat dan bahagia.

Baca juga: Penuaan di Usia Muda, Studi Ungkap Penyebabnya adalah Kesepian

Kita telah membahas banyak hal, seperti kata “tua” yang memiliki arti berbeda bagi banyak orang. Tidak semua orang merasa atau berperilaku “tua.” Namun, beberapa orang melakukannya.

Mengapa orang menjadi tua?

Ilustrasi lansia di panti jompo.SHUTTERSTOCK Ilustrasi lansia di panti jompo.

Saya akan memberi dua jawaban.

Saya dapat mengatakan bahwa menjadi tua terkait dengan tubuh manusia. Ketika orang bertambah tua, sel-sel tubuh mereka mungkin tidak bekerja dengan cara yang sama. Ini bisa menjelaskan mengapa beberapa orang tua terkena penyakit seperti kanker.

Saya juga dapat mengatakan bahwa beberapa bagian tubuh mereka sedikit lemah dan mungkin tidak berfungsi dengan baik. Itu sebabnya beberapa orang tua tidak dapat mendengar dengan baik.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com