Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Tanda Penuaan Dini dan Pilihan Perawatan Peremajaan Kulit untuk Mengatasinya

Kompas.com - 31/07/2022, 10:05 WIB
Ellyvon Pranita,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dokter ahli menyebutkan, bahwa penuaan dini bisa diatasi dengan peremajaan kulit, tapi sebelumnya mulailah memperhatikan tanda-tanda penuaan dini yang bisa terjadi pada siapa saja.

Penuaan dini adalah kondisi kulit yang berubah menjadi tidak begitu baik seiring bertambahnya usia, tetapi cenderung terjadi pada usia lebih muda dari seharusnya.

Perubahan kondisi kulit saat terjadinya penuaan dini umumnya bisa berbeda-beda pada setiap orang.

Seiring dengan bertambahnya usia, proses internal tubuh, mulai dari pergantian sel kulit hingga pemulihan olahraga, akan melambat dan butuh waktu lebih lama untuk diselesaikan.

Baca juga: Pandemi Covid-19 Bisa Sebabkan Penuaan Dini, Kok Bisa?

Kondisi ini menyisakan ruang untuk tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan kulit kusam. Tanda penuaan tersebut mungkin muncul lebih awal dan disebut penuaan dini.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Bamed, dr Melyawati Hermawan, Sp.KK mengatakan, pada usia produktif yakni rentang usia 15-64 tahun, sangat mungkin bagi seseorang mengalami penuaan lebih cepat.

Penuaan lebih cepat atau penuaan dini sangat erat kaitannya dengan pola kehidupan seseorang, terutama mengenai pekerjaan dan caranya menjalani kehidupannya sehari-hari.

Tanda-tanda penuaan dini

Ada beberapa tanda penuaan dini yang perlu Anda perhatikan, karena mungkin akan mengganggu penampilan Anda. Di antaranya sebagai berikut:

1. Kulit kering
2. Kulit kasar
3. Keriput
4. Flek hitam
5. Kulit kendur
6. Pori-pori besar

Mely menjelaskan, seberapa parah dan seberapa cepat proses penuaan ini pada tiap orang tidaklah sama.

Hal ini dikarenakan adanya faktor internal berupa faktor genetik yang menyebabkan adanya variasi biologis pada setiap individu.

Selain faktor internal, faktor eksternal seperti tekanan pekerjaan yang bisa menyebabkan stres, gangguan psikis, dan pola makan yang tidak baik akan meningkatkan risiko seseorang mengalami penuaan dini.

Tidak hanya itu, pajanan sinar matahari berlebihan saat bekerja di luar ruangan, dan pajanan sinar biru komputer atau lampu ruangan saat berlama -lama kerja di dalam ruangan juga bisa menjadi faktor risiko memicu percepatan terjadinya penuaan kulit ini.

Baca juga: Ternyata Obesitas Merupakan Bentuk Penuaan Dini

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com