Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikan Tuna Hilangkan Gatal dengan Menggosokkan Tubuhnya ke Hiu

Kompas.com - 21/10/2022, 16:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Ikan tuna sirip kuning memilih cara yang berisiko untuk menghilangkan gatal pada tubuhnya. Uniknya, ikan-ikan ini akan hilangkan gatal mereka dengan cara menggosokkan tubuh mereka ke badan hiu.

Perilaku ikan tuna tersebut diketahui akan sengaja menyerang hiu supaya dapat menggosokkan badannya ke permukaan tubuh hiu yang kasar.

Tujuannya, untuk mengusir parasit mengganggu dan membuat gatal yang menempel di kepala, mata, dan insang ikan tuna.

"Kulit hiu halus di satu arah tetapi seperti amplas di sisi lain," ungkap Chris Thompson dari University of Western Australia.

Dikutip dari New Scientist, Jumat (21/10/2022) temuan perilaku tuna ini berhasil diungkap oleh Thompson bersama rekan-rekannya setelah menyebar kamera bawah air ke 36 wilayah berbeda di Samudra Pasifik, India, dan Atlantik.

Baca juga: Bagaimana Ikan Cavefish yang Buta Ini dapat Temukan Jalan di Kegelapan?

Studi yang menemukan perilaku unik ikan tuna gosokkan tubuh ke badan hiu ini awalnya bertujuan untuk mengamati interaksi yang lebih umum antara ikan tuna dan hiu di perairan terbuka.

Masing-masing kamera yang disebar para peneliti di lokasi-lokasi tersebut merekam 2 hingga 3 jam, dan selama lebih dari 6.000 penyebaran kamera, tim mendokumentasikan 117.000 hewan individu dari 261 spesies berbeda.

Namun tim peneliti justru mengungkapkan ikan tuna menggosokkan diri ke tubuh hiu sebanyak 106 kali.

Ribuan jam rekaman mengungkapkan pula bahwa 44 persen dari gosokan ikan tuna sirip kuning (Thunnus albacares) mayoritas dilakukan pada hiu biru (Prionace glauca) atau sebanyak 58 persen.

Saat hiu menjadi sasaran untuk menggosok, ikan tuna biasanya melakukan pada bagian belakang hiu atau sering kali di sepanjang ekor.

Baca juga: Keunikan Ikan Channa Barca, Ikan Berharga Fantastis Asal India

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com