Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/09/2022, 18:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Ikan Dewa adalah spesies ikan air tawar yang bisa ditemui di sejumlah wilayah perairan darat di Indonesia. Meski ikan ini populer dengan nama ikan Dewa, ternyata di beberapa daerah, ikan Dewa punya banyak sebutan.

Ikan bernama latin Tor sp ini memiliki berbagai julukan di berbagai daerah.

Habitat ikan tor ini juga banyak ditemui di daerah-daerah aliran sungai di kawasan penggunungan.

Persebaran ikan tor atau ikan Dewa ini tak hanya di Indonesia, tapi juga di sejumlah negara di Asia, terutama di Asia Tenggara.

Seperti dikutip dari BPSDMKP Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) edisi 30 April 2021, ikan tor mempunyai banyak sebutan.

Baca juga: Apa Itu Ikan Dewa yang Disebut Keramat dan Langka?

Di Jawa Barat, ikan Dewa dikenal sebagai ikan Kancra. Bahkan, ikan Dewa di Cibulan, Kuningan, dianggap sebagai ikan keramat.

Di Jawa Tengah, ikan Dewa lebih dikenal sebagai ikan Tombro, sementara di Sumatera, masyarakat lebih mengenalnya sebagai ikan Semah.

Ikan Dewa di antara masyarakat Batak, dikenal sebagai ikan Batak. Ada pula yang menyebutnya sebagai ikan Curong, ikan Lempon, ikan Ihan, ikan Sepan, ikan Kelah,, ikan Masheer dan ikan Torsoro.

Sejumlah kajian ilmiah menyebut bahwa ada empat jenis ikan Dewa atau ikan Tor. Keempat jenis ikan tersebut antara lain Tor tambroides, Tor tambra, Tor soro dan Tor douronensis.

Baca juga: Kenapa Ikan Aligator Gar Dilarang Dipelihara di Indonesia?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com