Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Gejala Gangguan Ginjal Akut Misterius pada Anak yang Harus Diwaspadai

Kompas.com - 19/10/2022, 13:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan mengumumkan sejak akhir Agustus 2022 terjadi peningkatan kasus gangguan ginjal akut misterius pada anak. Oleh sebab itu, orang tua diimbau mewaspadai sedikitnya 5 gejala gangguan ginjal akut pada anak.

Gangguan ginjal akut adalah kondisi ketika fungsi ginjal dalam mengurai sisa metabolisme tubuh terganggu secara tiba-tiba atau mendadak.

Namun, pada kasus gangguan ginjal akut yang saat ini merebak, penyebab pasti dari penyakit yang menyerang anak-anak usia balita ini masih miseterius dan terus dicari tahu.

Sebelumnya, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) melaporkan banyak kasus pertama gangguan ginjal akut pada anak ini terjadi pada Januari 2022, namun angka kasusnya masih relatif sedikit.

Pada bulan Agustus-September 2022, kasus gangguan ginjal akut misterius pada anak di Indonesia ini tercatat mengalami lonjakan.

Baca juga: Gangguan Ginjal Akut Misterius pada Anak, Orangtua Diimbau Waspadai Gejala Ini

Lantas, apa saja gejala gangguan ginjal akut misterius pada anak yang harus diwaspadai orangtua?

Sebelumnya, Sekretaris Unit Kerja Koordinasi (UKK) Nefrologi IDAI, dr Eka Laksmi Hidayati, SpA(K) mengungkapkan bahwa banyak anak yang mengalami gejala-gejala awal yang sebenarnya bukan gejala dari penyakit gangguan ginjal akut.

Gejala-gejala tersebut cukup membingungkan, sehingga hingga saat ini, analisis terhadap pasien anak dengan gangguan ginjal akut ini masih terus diteliti.

Berdasarkan wawancara dan laporan medis pasien anak, terdapat sedikitnya 5 gejala gangguan gagal ginjal akut misterius pada anak, antara lain sebagai berikut.

1. Batuk
2. Pilek
3. Diare
4. Muntah
5. Frekuensi dan volume buang air kecil berkurang drastis

Gejala-gejala tersebut, menurut dr Eka, merupakan gejala yang dilaporkan para orangtua sebelum kemudian anak-anak mereka didiagnosis mengalami gangguan ginjal akut.

Baca juga: Gangguan Ginjal Akut Misterius Menginfeksi 192 Anak dari Januari 2022, Apakah Bisa Sembuh?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com