Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hibernasi di Suhu Ekstrem, Apakah Tardigrade Akan Menua?

Kompas.com - 13/10/2022, 12:03 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Penelitian telah menunjukkan, tardigrade alias beruang air memiliki kemampuan beradaptasi dengan kondisi lingkungan yang ekstrem.

Tahun 2019, Ralph Schill seorang profesor di Institut Biomaterial dan Sistem Biomolekuler di University of Stuttgart membuktikan, bahwa tardigrade anhidrobiotik (kering) dapat bertahan tanpa kerusakan selama betahun-tahun, meski tidak menyerap air.

Schill juga menjelaskan, tardigrade yang berukuran hampir satu milimeter telah berhasil beradaptasi dengan sempurna terhadap kondisi lingkungan panas ekstrem dan juga beku tanpa cedera.

Baca juga: Rahasia Tardigrade Makhluk Nyaris Abadi Bertahan dari Dehidrasi

Tapi dalam proses adaptasi itu, tardigrade tak lagi menunjukkan tanda-tanda kehidupan yang jelas. Mereka tidak mati, melainkan berhibernasi.

Dan itu menimbulkan pertanyaan, kira-kira apa yang terjadi pada jam internal hewan, seperti misalnya apakah mereka menua dalam keadaan berhibernasi ataukah penuaan tardigrade justru berhenti?

Mengutip Phys, Rabu (12/10/2022) Schill berhipotesis, seperti di dongeng putri tidur, tardigrade bakal terbangun dengan kondisi yang sama seperti sebelumnya, tidak menua. Itu kenapa hipotesis ini kemudian disebut hipotesis sleeping beauty.

"Selama periode tidak aktif, jam internal berhenti dan hanya kembali berjalan setelah organisme aktif kembali. Jadi tardigrade yang biasanya hanya hidup berapa bulan, dapat hidup bertahun-tahun, bahkan puluhan tahun," jelas Schill.

Baca juga: Spesies Baru Makhluk Abadi Tardigrade Ditemukan di Kirgistan, Seperti Apa?

Untuk mendapatkan hasil temuan itu, Schill bersama timnya melakukan beberapa eksperimen, di mana mereka membekukan total lebih dari 500 tardigrade pada suhu -30 derrajat Celcius, mencairkannya lagi, menghitungnya, memberi mereka makan, dan membekukannya lagi.

Itu diulang sampai semua hewan mati. Pada saat yang sama, kelompok kontrol disimpan pada suhu kamar yang konstan.

Perbandingan antara keduanya menunjukkan masa hidup yang hampir sama. Sehingga bisa disimpullkan di dalam es, tardigrade menghentikan jam internal mereka.

Temuan ini dipublikasikan di Journal of Zoology.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com