Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spesies Baru Makhluk Abadi Tardigrade Ditemukan di Kirgistan, Seperti Apa?

Kompas.com - 21/07/2022, 18:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Tardigrade yang disebut sebagai makhluk abadi, jenis atau spesies baru telah ditemukan sekelompok peneliti di pegunungan Kirgistan utara.

Tardigrade adalah kelompok invertebrata mikroskopis yang terkenal karena kemampuannya untuk bertahan hidup dalam kondisi ekstrem.

Kini dalam sebuah studi baru, peneliti menemukan tardigrade yang sebelumnya tak diketahui.

Peneliti menemukan tardigrade yang kemudian dinamakan Cornechiniscus mystacinus ini di pegunungan sekitar Tashkömür di wilayah Jalalabat di Kirgistan utara.

“Pegunungan dan dataran tinggi di Asia Tengah menampung sejumlah besar spesies tardigrade yang paling mungkin endemik, namun eksplorasi keanekaragaman hayati di wilayah itu telah dimulai belum lama ini,” kata penulis studi Piotr Gasiorek, seorang peneliti di Departemen Evolusi Invertebrata di Universitas Jagiellonian.

Genus Cornechiniscus ini biasanya menghuni lumut dengan tanah berdebu dan sering mengalami kekeringan dalam jangka waktu lama.

Baca juga: Temuan Baru, Makhluk Nyaris Abadi Tardigrade Tahan Radiasi UV Mematikan

Genus tersebut juga dapat ditemukan di semua benua kecuali Australasia dan Antartika, dengan kemungkinan Asia Tengah sebagai tempat utama diversifikasi spesies, di mana spesies baru tardigrade baru itu ditemukan.

Lebih lanjut, seperti dikutip dari Sci News, Rabu (20/7/2022) Cornechiniscus mystacinus berwarna kuning hingga oranye tua.

Makhluk abadi tardigrade ini juga memiliki tubuh besar dan montok, mata besar, bulat, kristal hitam, filamen sensorik dan juga cakar halus.

Tardigrade Betina dewasa rata-rata memiliki panjang 0,5 mm. Sementara tardigrade jantan lebih ramping daripada betina, dan rata-rata jauh lebih kecil.

Penemuan makhluk abadi tardigrade spesies baru, yang dinamai Cornechiniscus mystacinus ini pun kemudian dipublikasikan dalam sebuah makalah di jurnal Zoologischer Anzeiger.

Baca juga: Rahasia Tardigrade Makhluk Paling Tangguh di Bumi Terungkap

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com