Temuan Baru, Makhluk Nyaris Abadi Tardigrade Tahan Radiasi UV Mematikan

Kompas.com - 15/10/2020, 18:30 WIB
Monika Novena,
Shierine Wangsa Wibawa

Sumber Gizmodo

KOMPAS.com - Tardigrade atau beruang air merupakan hewan mikroskopis yang terkenal karena mampu mentolerir beberapa kondisi ekstrem. Kondisi itu di antaranya suhu beku, radiasi, dehidrasi dan bahkan ruang hampa udara.

Pada 2016, ilmuwan Jepang bahkan berhasil menghidupkan tardigrade yang telah membeku selama lebih dari 30 tahun, sehingga tidak heran bila ia dijuluki makhluk paling tangguh di Bumi dan bahkan makhluk "abadi".

Ada sekitar 1.300 spesies berbeda dari mahluk berkaki delapan ini di seluruh dunia.

Baca juga: Dikenal Kecil dan Tangguh, Kini Ilmuwan Temukan Kelemahan Tardigrade

Kini dalam sebuah studi, para peneliti berhasil menemukan satu lagi kemampuan mencengangkan lainnya dari hewan ini.

Seperti dilansir dari Gizmodo, Kamis (15/10/2020); para ilmuwan dari India mengungkap spesies Tardigrade baru yang punya kemampuan untuk menahan radiasi sinar UV. Spesies tardigrade baru itu disebut sebagai Paramacrobiotus BLR.

Padahal, tingkat radiasi itu menurut para peneliti bahkan mampu membunuh mikroorganisme seperti bakteri dan virus. Namun saat terkena sinar UV, tardigrade justru menghasilkan cahaya biru alami yang melindungi tubuhnya dari radiasi.

Cahaya ini bertindak seperti semacam perisai bagi tardigrade yang membantunya bertahan hidup dua kali lebih banyak dari spesies tardigrade lainnya.