Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayi Cumi-cumi Akan Ikut Misi Luar Angkasa NASA Bersama Tardigrade

Kompas.com - 28/05/2021, 17:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Dalam misi ke luar angkasa, tardigrade tidak akan sendiri. Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) juga membawa bayi cumi-cumi dalam misi ini.

Dilansir dari Live Science, Jumat (28/5/2021), NASA sedang bersiap meluncurkan sekitar 5.000 tardigrade, si beruang air, dan 128 bayi cumi-cumi bercahaya ke luar angkasa.

Hewan-hewan ini dijadwalkan menuju Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) pada pekan depan, sebagai bagian dari misi pasokan kargi ke-22 SpaceX.

Makhluk mikroskopis ini akan diluncurkan SpaceX di atas roket Falcon 9 pada 3 Juni 2021 pukul 01.39 dini hari waktu setempat, dari Kennedy Space Center di Florida.

Targigrade berukuran kecil, dengan panjang hanya sekitar 1 milimeter, dan mendapat julukan populer dari penampilannya yang gemuk, seperti beruang, saat dilihat melalui mikroskop.

Baca juga: Mengenal Cumi-cumi Raksasa Inspirasi Legenda Kraken

 

Hewan ini diketahui dapat bertahan dari radiasi ekstrem, bahkan dapat bertahan dari tekanan enam kali lipat dari yang ditemukan di bagian terdalam lautan. Dalam ruang hampa, seperti di luar angkasa, tardigrade si beruang air ini menjadi jauh lebih tangguh.

Sementara eksperimen terpisah dan pararel juga akan dilakukan pada misi tersebut, yakni membawa bayi cumi-cumi bobtail, Euprymna scolopes ke stasiun luar angkasa.

Bayi cumi-cumi dengan panjang 3 mm ini memiliki organ khusus penghasil cahaya di dalam tubuhnya, di mana bakteri tersebut dapat membuat cumi-cumi bercahaya dalam kegelapan.

Para peneliti berharap eksperimen ini dapat menyelidiki hubungan simbiosis antara bakteri dan bayi cumi-cumi untuk melihat bagaimana mikroba yang menguntungkan berinteraksi dengan jaringan hewan di luar angkasa.

Baca juga: Peneliti Ungkap Gumpalan Misterius Penuh Embrio Cumi-cumi di Norwegia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com