Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Sayuran yang Termasuk Superfood, Salah Satunya Bayam

Kompas.com - 01/08/2022, 12:32 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Industri makanan memberikan label superfood pada makanan yang kaya nutrisi dengan banyak manfaat bagi kesehatan.

Meskipun banyak makanan yang digolongkan sebagai superfood, penting untuk dipahami bahwa tidak ada makanan tunggal yang memegang kunci untuk kesehatan yang baik atau pencegahan penyakit.

Pola makan yang bergizi seimbang serta faktor-faktor gaya hidup lainnya tentu sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan pencegahan penyakit.

Sayuran yang termasuk superfood

Dilansir dari Healthline, sayuran berdaun hijau gelap adalah sayuran yang termasuk superfood.

Baca juga: Perbanyak Makan Sayuran Bantu Kontrol Glikemik Pasien Diabetes Tipe 2, Studi Jelaskan

Sayuran berdaun hijau gelap merupakan sumber nutrisi yang sangat baik, yang mengandung folat, seng, kalsium, zat besi, magnesium, vitamin C dan serat.

Adapun yang membuat sayuran berdaun hijau gelap termasuk superfood adalah potensinya untuk mengurangi risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Sayuran ini juga mengandung senyawa anti-inflamasi tingkat tinggi yang dikenal sebagai karotenoid, yang dapat melindungi dari jenis kanker tertentu.

Berikut adalah beberapa sayuran berdaun hijau gelap yang sangat sehat dan bermanfaat untuk kesehatan:

Baca juga: Kenapa Ada Sayuran Berwarna Kuning atau Oranye?

  • Kale

Dilansir dari Medical News Today, mengonsumsi kale dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan.

Kale mengandung serat, antioksidan , kalsium , vitamin C dan K, zat besi, serta berbagai macam nutrisi lainnya yang dapat membantu mencegah berbagai gangguan kesehatan.

Antioksidan dalam kale membantu tubuh menghilangkan racun yang tidak diinginkan yang dihasilkan dari proses alami dan tekanan lingkungan.

  • Daun Swiss chard

Daun Swiss chard tinggi antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit tertentu.

Banyak antioksidan yang terkandung dalam Swiss chard, termasuk polifenol, vitamin C, vitamin E, dan pigmen tumbuhan karotenoid seperti beta karoten.

Baca juga: Kulit Buah dan Sayuran Kaya Nutrisi, Haruskah Dikupas Sebelum Dimakan?

Mengkonsumsi makanan tinggi antioksidan, seperti daun Swiss chard, dapat menurunkan peluang terkena penyakit kronis tertentu.

Sebagai contoh, dalam tinjauan terhadap 18 penelitian, para peneliti menyimpulkan bahwa orang dengan asupan beta karoten tertinggi memiliki risiko kanker paru-paru yang jauh lebih rendah daripada mereka yang asupan beta karotennya paling rendah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com