Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/07/2022, 07:00 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comMinyak cengkeh untuk sakit gigi ternyata bukan hal yang baru. Zaman dahulu, cengkeh sering hancurkan dan dimasukkan ke gigi yang berlubang. Cengkeh dipercaya bisa menghilangkan sakit gigi. Benarkah minyak cengkeh bisa meredakan sakit gigi?

Manfaat minyak cengkeh untuk gigi

Secara ilmiah, cengkeh memiliki senyawa bernama eugenol yang terbukti ampuh untuk mengobati sakit gigi. Eugenol memiliki efek anti nyeri yang menghentikan rasa sakit sementara yang setara dengan anestesi topikal. Tidak hanya itu, eugenol juga mampu meredakan radang, serta membunuh bakteri dan jamur.

Cara kerja minyak cengkeh mirip dengan capsicum, yaitu menstimulasi produksi protein yang bernama trans receptor potential vanilloid-1 (TRPV-1) yang mendesensitasi ujung-ujung saraf. Senyawa inilah yang berfungsi meredakan sakit gigi.

Sebuah studi tahun 2012 menemukan bahwa minyak cengkeh juga memiliki kemampuan yang lebih baik dari beberapa jenis antibiotik dalam menembus biofilm. Biofilm adalah lapisan yang terdiri dari koloni bakteri dan banyak ditemukan di permukaan gigi.

Studi lainnya juga menunjukkan bahwa minyak cengkeh mampu membunuh beberapa jenis jamur, terutama Candida albicans, salah satu jenis jamur yang sering menyebabkan infeksi di rongga mulut.

Oleh karena manfaat yang luar biasa inilah, minyak cengkeh menjadi bahan tambahan di berbagai produk perawatan gigi dan mulut, seperti pasta gigi dan obat kumur. Bahkan, salah satu bahan tambah sementara untuk perawatan saluran akar juga menggunakan eugenol, yaitu zinc oxide eugenol (ZnOE).

Baca juga: 7 Manfaat Cengkeh, Obat Sakit Gigi Hingga Mengobati Kanker

Cara menggunakan minyak cengkeh

Walaupun minyak cengkeh adalah bahan alami, namun cengkeh merupakan bahan yang sangat kuat. Anda perlu berhati-hati menggunakannya. Perlu diingat bahwa minyak cengkeh tidak boleh digunakan pada anak berusia kurang dari 12 tahun.

Minyak cengkeh tidak boleh langsung digunakan begitu saja. Efek samping yang sering timbul antara lain iritasi, bengkak, merah, dan rasa terbakar. Bahkan, jika sampai tertelan, minyak cengkeh bisa menyebabkan kerusakan hati, ulkus lambung, dan kerusakan ginjal.

Berikut adalah cara aman menggunakan minyak cengkeh untuk sakit gigi:

  • Masukkan beberapa tetes minyak cengkeh ke dalam 1 sendok teh minyak zaitun
  • Celupkan kapas ke dalam campuran tersebut
  • Oleskan kapas ke area yang sakit
  • Tunggu minyak bekerja dalam 5 sampai 10 menit
  • Ulangi setelah 2 sampai 3 jam.

Minyak cengkeh memang meredakan sakit gigi, tapi hanya sementara. Untuk mencegah sakit gigi berulang, sebaiknya segera ke dokter gigi untuk melihat jika gigi Anda perlu mendapatkan perawatan lanjutan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com