Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/06/2022, 11:31 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

Unsur yang paling banyak terdapat pada atmosfer adalah -

KOMPAS.comAtmosfer kita tersusun atas berbagai unsur. Tahukah kamu, walaupun oksigen adalah gas yang paling penting bagi manusia, namun penyusun yang paling banyak bukanlah oksigen.

Gas penyusun atmosfer

Gas tersusun di atmosfer karena mendapatkan gaya gravitasi dari Bumi. Sebanyak 80 persen atmosfer terbentang dalam jarak 16 kilometer di atas permukaan Bumi. Sedangkan sisanya merupakan atmosfer yang semakin menipis dan bergabung dengan luar angkasa yang disebut eksosfer.

Gas memiliki peranan penting, baik untuk manusia, juga hewan dan tumbuhan. Selain bermanfaat langsung bagi makhluk hidup, gas pada atmosfer juga penting untuk menjaga suhu permukaan Bumi agar tetap nyaman ditinggali.

Unsur yang paling banyak terdapat pada atmosfer adalah nitrogen, yaitu sebesar 78 persen atmosfer. Sedangkan oksigen yang dibutuhkan manusia hanya ada di atmosfer sekitar 21 persen. Gas berikutnya adalah argon 0,9 persen dan gas lainnya beserta uap air 0,1 persen.

Beberapa gas lain yang terkandung dalam konsentrasi kecil antara lain karbon dioksida, helium, metana, nitrogen oksida, dan ozon. Konsentrasinya bervariasi dan 0,041 sampai yang paling kecil 0,000004.

Nitrogen sebagai gas yang paling banyak di atmosfer akan ditangkap dan digunakan oleh tanah dan tumbuhan. Sedangkan oksigen diperlukan untuk proses respirasi.

Baca juga: Mesosfer, Lapisan Ketiga Atmosfer Bumi

Kenapa kita harus tahu gas penyusun atmosfer?

Penting untuk mengetahui unsur gas di atmosfer. Setiap lapisan atmosfer memiliki komposisi yang berbeda pada ketinggian yang berbeda. Ini akan membantu manusia dalam memahami beberapa hal.

Pertama, mengenai datangnya meteoroid yang masuk ke dalam atmosfer Bumi. Jika ada meteoroid yang masuk ke dalam atmosfer bumi. maka, meteoroid tersebut akan terbakar. Penyebab dari terbakarnya meteoroid tersebut karena gesekan permukaan meteoroid dengan gas yang ada di atmosfer sehingga menimbulkan permukaan yang terbakar hingga habis.

Kedua adalah memahami dan memprediksi perubahan iklim. Komposisi unsur gas di atmosfer bisa membantu para ahli untuk memahami perubahan gejala alam jika terjadi perubahan komposisi gas atmosfer akibat kegiatan manusia.

Salah satu contohnya adalah terus meningkatnya kadar karbon di atmosfer. Ini membantu para ahli memprediksi perubahan iklim global yang mungkin terjadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com