Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Piramida Mesir Selalu Berisi Harta Berharga?

Kompas.com - 23/05/2022, 19:05 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat arkeolog Inggris Howard Carter membuka salah satu piramida berisi makam Raja Tutankhamun pada tahun 1922, dia melaporkan melihat hal-hal yang menakjubkan. Makam Tut dipenuhi harta yang luar biasa, termasuk topeng kematian emas Tutankhamun, singgasana emas dan bahkan sandal emas.

Tapi apakah piramida Mesir selalu berisi harta?

Jawabannya adalah tidak.

Sementara Piramida Agung Giza dan piramida Mesir kuno lainnya adalah monumen yang luar biasa, barang pemakaman di dalamnya relatif sederhana dibandingkan dengan yang dikuburkan di makam firaun seperti Tutankhamun.

"Pemakaman di piramida terbesar mungkin terlihat cukup sederhana dibandingkan dengan Tutankhamun," ungkap Wolfram Grajetzki, peneliti senior di University College London di Inggris yang telah mempelajari dan menulis tentang adat dan barang pemakaman Mesir kuno.

Dikutip dari Live Science, Senin (23/5/2022) piramida digunakan sebagai makam firaun Mesir dari zaman Djoser hingga Ahmose I.

Baca juga: Siapa yang Membangun Piramida Mesir? Ini Petunjuk yang Ditemukan Ahli

Sebagian besar piramida dengan harta-harta berharga sudah dijarah berabad-abad yang lalu. Tetapi beberapa makam Mesir kuno relatif tetap utuh dan memberikan petunjuk tentang mereka, termasuk barang-barang apa saja yang ditinggalkan di makam.

Salah satu contohnya adalah makam Raja Sekhemkhet yang belum selesai (sekitar 2611 SM hingga 2605 SM).

Makam yang berada di substrukur piramida Giza itu ditemukan masih utuh, meski sarkofagus sang raja kosong.

Dalam penggalian arkeolog menemukan 21 gelang emas, tongkat kerajaan yang terbuat dari emas, dan berbagai barang perhiasan emas lainnya.

Meski itu merupakan barang pemakaman yang mengesankan, tetapi artefak tersebut rupanya tak mendekati kekayaan yang ditemukan di makam Tutankhamun.

Menurut Grajetzki, artefak piramida Mesir yang ditemukan di pemakaman Mesir kuno menunjukkan bahwa Firaun dikubur dengan barang-barang kuburan yang lebih sederhana daripada di kuburan Tutankhamun.

Baca juga: Misteri Mesir Kuno, Makam 4.500 Tahun dekat Piramida Giza Dibuka

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com