Kompas.com - 23/05/2022, 17:22 WIB


KOMPAS.com- Ahli menyebutkan bahwa jumlah kasus gagal jantung lebih banyak ditemukan pada wanita dibandingkan pada pria.

Hal ini disampaikan oleh Dokter Spesialis Jantung Konsultan, dr Rarsari Soerarso SpJP(K) dalam Media Interview bertajuk Upaya Meningkatkan Kesadaran serta Pemahaman Masyarakat Mengenai Penyakit Gagal Jantung pada Rabu (18/5/2022).

Gagal jantung pada wanita itu memang karena kondisinya jadi lebih tinggi prevalensinya dibandingkan pria,” kata dokter yang akrab disapa Riri tersebut.

“Sekitar 1 dari 3 populasi wanita itu lebih tinggi menderita penyakit jantung,” tambahnya.

Seperti yang dilaporkan oleh Amerika Serikat, bahwa 1 dari 3 wanita di sana mengidap penyakit jantung, dan mayoritas adalah kelainan gagal jantung ini.

Berdasarkan data Indonesian Chronic heart Failure Resgistry (Anchure) pada 2018 dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PERKI), terdapat 2.115 pasien gagal jantung dari 10 fasilitas kesehatan di Indonesia.

Baca juga: Gagal Jantung: Gejala, Penyebab, dan Cara Menurunkan Risikonya

Dari total kasus penderita gagal jantung tersebut, sekitar 58 persen pasiennya merupakan usia produktif yakni antara kurang dari 40 tahun hingga 59 tahun.

Data PERKI pada 2018 juga menunjukkan bahwa 17,2 persen pasien gagal jantung di Indonesia meninggal saat perawatan rumah sakit dan 11,3 persen meninggal dunia dalam satu tahun perawatan.

Sementara itu, data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 menunjukkan, berdasarkan diagnosis dokter prevalensi penyakit gagal jantung adalah sekitar 1,5 persen atau 29.550 orang.

Sedangkan, menurut diagnosis atau gejala, estimasi jumlah penderita gagal jantung 0,4 persen atau sekitar 29.880 orang.

Gagal jantung adalah kondisi di mana otot-otot di dinding jantung perlahan-lahan melemah dan membesar, sehingga jantung tidak dapat memompa darah dan oksigen untuk mencukupi kebutuhan tubuh.

Tekait kasus gagal jantung pada wanita, awalnya, mungkin gejala penyakit jantung ini belum dapat terlalu dirasakan.

Baca juga: Bagaimana Cara Mencegah Penyakit Gagal Jantung?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.