Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hepatitis Akut Misterius, Simak 7 Tanya Jawab mengenai Penyakit Ini

Kompas.com - 05/05/2022, 10:02 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber PAHO

KOMPAS.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengeluarkan peringatan terkait kasus hepatitis akut misterius yang parah yang belum diketahui penyebabnya. Kasus yang pertama kali terdeteksi di Inggris, laporan kasus hepatitis misterius pada anak ini terus berlanjut.

Penasihat untuk Pencegahan dan Pengendalian Hepatitis Virus di Pan American Health Organization (PAHO) Dr Leandro Soares Sereno memberikan sejumlah penjelasan mengenai penyakit ini, sebagai berikut:

1. Apa itu hepatitis akut?

Jawab: Hepatitis adalah penyakit peradangan hati. Ada etiologi atau penyebab yang berbeda peradangan ini seperti infeksi atau keracunan obat-obatan atau zat.

Virus yang paling umum bertanggung jawab atas infeksi ini yaitu hepatitis A, B, C, D, dan E.

Saat peradangan terjadi sangat cepat dan tiba-tiba, maka inilah yang dimaksud hepatitis akut.

Dalam beberapa kasus, seperti pada hepatitis B, C, dan D, infeksi dapat menjadi kronis. Sejauh ini, penyebab dari hepatitis akut yang menyerang anak-anak belum diketahui secara pasti.

Baca juga: 7 Upaya Mencegah Hepatitis Akut Misterius, Apa Saja?

2. Mengapa wabah hepatitis anak dianggap tidak biasa? Apakah karena adenovirus?

Ini menjadi peristiwa yang tengah diselidiki lebih lanjut oleh WHO. Hingga kini, tes laboratorium mengecualikan kasus hepatitis virus yang diketahui.

Dalam banyak kasus, infeksi adenovirus terdeteksi pada anak-anak yang terkena, dan hubungan antara keduanya sedang diselidiki sebagai salah satu hipotesis untuk penyebab yang mendasarinya.

Adenovirus adalah virus umum yang dapat menyebabkan gejala pernapasan atau muntah dan diare. Secara umum, infeksi virus ini memiliki durasi terbatas dan tidak berkembang menjadi kondisi yang lebih serius.

Namun, ada kasus yang jarang terjadi pada infeksi adenovirus parah seperti yang menyebabkan hepatitis pada pasien dengan gangguan sistem kekebalan atau transplantasi.

Baca juga: 3 Anak Diduga Meninggal akibat Hepatitis Akut Misterius, Apa Gejalanya?

3. Berapa banyak negara yang melaporkan kasus hepatitis yang tidak terkait dengan virus hepatitis A, B, C, D, dan E?

Sejauh ini belum dapat dikonfirmasi dengan pasti dikarenakan penyebab spesifiknya masih belum diketahui dan sedang diselidiki.

Kasus yang dilaporkan merujuk pada anak-anak dengan hepatitis akut parah, yang mana hepatitis A, B, C, D, atau E tidak teridentifikasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com