Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berbagai Mikroorganisme yang Digunakan dalam Bioteknologi Pangan

Kompas.com - 20/04/2022, 17:00 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Anda gemar memakan tempe, tahu, keju, atau makanan fermentasi lainnya? Makanan tersebut merupakan hasil dari penerapan bioteknologi pangan. Berikut adalah penjelasan tentang bioteknologi pangan dan berbagai mikroorganisme yang digunakan di dalamnya.

Pengertian bioteknologi pangan

Bioteknologi pangan adalah aplikasi proses biologi dengan menggunakan sel-sel mikroorganisme di bidang pangan, baik untuk mempersiapkan bahan dan untuk proses produksi sehingga menghasilkan produk siap olah atau siap santap.

Bioteknologi pangan mampu mengubah bentuk suatu bahan baku menjadi bahan makanan lainnya dalam upaya menciptakan makanan yang lebih baik gizinya ataupun untuk mengawetkan makanan.

Bioteknologi pangan yang banyak kita kenal luas adalah fermentasi. Ini merupakan bentuk bioteknologi pangan yang paling sederhana dan telah digunakan sejak ribuan tahun yang lalu, contohnya dalam pembuatan roti dan keju.

Namun, perkembangan teknologi juga membuat teknologi ini berkembang hingga menggunakan rekayasa genetika, kultur jaringan, dan rekombinan DNA.

Baca juga: 3 Keuntungan Fermentasi Makanan untuk Kesehatan

Mikroorganisme pangan

Berikut ini adalah daftar mikroorganisme yang digunakan dalam bioteknologi pangan yang produknya bisa kita jumpai sehari-hari.

Itu dia beberapa contoh mikroorganisme yang digunakan dalam berbagai bioteknologi pangan. Apa kamu tertarik untuk mengolah sendiri makananmu dengan mikroorganisme tersebut?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com