Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pekan Imunisasi Dunia 2022: Imunisasi Lengkap di Indonesia Menurun Selama Pandemi Covid-19

Kompas.com - 15/04/2022, 08:02 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com- Pekan Imunisasi Dunia 2022 dianggap menjadi momen yang penting untuk masyarakat Indonesia supaya dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya imunisasi dasar lengkap, yang telah menurun selama pandemi Covid-19.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Kementerian Kesehatan RI, Dr. dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM, MARS., dalam Konferensi Pers Pekan Imunisasi Dunia 2022.

“Cakupan imunisasi rutin di Indonesia ini menurun selama 2 tahun belakangan ini, saat pandemi Covid-19 terjadi,” kata Maxi.

Kenyataan ini dianggap mengkhawatirkan karena menurut Maxi, Indonesia sendiri selama ini memang dikenal sebagai negara yang imunisasi dasar lengkap dan imunisasi rutin masih relatif rendah.

Padahal, imunisasi adalah suatu upaya untuk menimbulkan atau meningkatkan kekebalan seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit, sehingga bila suatu saat terpajan dengan penyakit tersebut tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan.

Baca juga: Pekan Imunisasi Dunia Jadi Momentum Dorong Lansia Vaksinasi Covid-19

Imunisasi dasar lengkap bisa membantu meningkatkan perlindungan terhadap Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I).

Berdasarkan catatan Kementerian Kesehatan, sekitar 1.714.471 anak di Indonesia tidak mendapatkan imunisasi dasar lengkap pada 2019-2021.

“Anak-anak yang tidak mendapatkan imunisasi dasar lengkap sangat rentan terhadap beberapa penyakit yang bisa dicegah,” ujarnya.

“Saat ini pun sudah terjadi KLB (Kejadian Luar Biasa) pada anak-anak yang tidak melaksanakan imunisasi lengkap,” tambahnya.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyebutkan bahwa untuk mencapai kadar perlindungan terhadap kesehatan anak, maka imunisasi harus diberikan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Jadwal imunisasi terbagi atas jadwal imunisasi dasar dan jadwal imunisasi ulang.

Ada yang cukup satu kali imunisasi, ada yang memerlukan beberapa kali imunisasi dan bahkan pada umur tertentu diperlukan ulangan imunisasi.

Baca juga: Kemenkes Ingatkan, Imunisasi Dasar Anak Harus Dilakukan Selama Pandemi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com