Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahli Rekonstruksi Perempuan Purba dari Zaman Batu, Begini Penampakannya

Kompas.com - 18/03/2022, 08:05 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Peneliti berhasil merekonstruksi perempuan dari Zaman Batu yang hidup 4000 tahun yang lalu. Hasil rekonstruksi ini kemudian dipamerkan di Museum Vasternorrlands di Swedia.

Oscar Nilsson, seniman forensik yang berbasis di Swedia merupakan orang yang diminta untuk melakukan rekonstruksi itu.

Seperti dikutip dari Science Alert, Kamis (17/3/2022), tahap pertama yang ia lakukan adalah memindai tengkoraknya dan membuat salinannya dengan printer 3D.

Seperti rekonstruksi lain yang ia buat, Nilsson juga harus memperhitungkan jenis kelamin, usia, berat badan, dan etnis. Faktor tersebut dapat memengaruhi ketebalan jaringan wajah dan penampilan umum seseorang.

Baca juga: Berusia 40.000 Tahun, Jejak Budaya Manusia Purba Ditemukan di China

Berhubung DNA perempuan purba ini terlalu terdegradasi, ia tak yakin tentang latar belakang genetik, rambut, maupun warna matanya.

Namun berdasarkan data gelombang migrasi besar ke Skandinavia kuno, Nilsson pun kemudian memberi perempuan itu rambut, mata coklat, serta kulit cerah.

"Kami tak bisa mengatakan dengan pasti apakah ia menjalani kehidupan nomaden. Tapi kami telah memilih untuk membuat interpretasi yang paling aman," papar Nilsson.

Sementara itu sebagai bagian dari rekonstruksi, perempuan dari Zaman Batu ini kemudian didandani dari ujung rambut hingga ujung kaki dengan bahan bulu dan kulit.

Helena Gjaerum, arkeolog independen berbasis di Swedia yang bertanggung jawab untuk mendadaninya.

Tapi sebelumnya, Gjaerum harus mempelajari iklim kuno, lanskap, vegetasi, dan kehidupan hewan di Neolitikum Lagmansoren.

Berdasarkan temuannya, ia kemudian mendesain pakaian perempuan dari rusa, berang-berang dan rubah.

Mempersiapkan pakaian untuk rekonstruksi memerlukan waktu yang lama. Setelah memperoleh sisa-sisa hewan asli, ia kemudian masih harus memprosesnya sebelum bisa digunakan sebagai pakaian.

Hasil rekonstruksi pun berhasil menampilkan manusia Zaman Batu yang tak seperti dibayangkan sebelumnya. Sebab selama ini orang modern menganggap manusia Zaman Batu sebagai manusia primitif.

Baca juga: Studi Ungkap Manusia di Zaman Batu adalah Predator Puncak

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com