Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Potongan Kain di Permukiman Zaman Batu Turki Ungkap Sejarah Pembuatan Pakaian

Kompas.com - 13/11/2021, 12:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber PHYSORG


KOMPAS.com - Potongan kain yang ditemukan di situs permukiman Zaman Batu di Turki mengungkapkan sejarah pembuatan pakaian yang dikenakan oleh orang-orang di masa itu.

Kendati kota-kota Zaman Batu terdengar seperti sebuah oxymoron, tetapi ternyata sebanyak 10.000 orang pernah tinggal di atalhöyük di Turki sekitar 8000-9000 tahun yang lalu.

Menjadikan situs ini sebagai permukiman terbesar yang pernah diketahui dari yang oleh para arkeolog sebut sebagai periode Neolitik dan Kalkolitik.

"Çatalhöyük adalah salah satu situs arkeologi paling terkenal," kata Lise Bender Jørgensen, seorang arkeolog dan profesor emerita dari Departemen Studi Sejarah dan Klasik di Norwegian University of Science and Technology (NTNU), dilansir dari Phys, Sabtu (13/11/2021).

Bender Jørgensen adalah seorang spesialis tekstil arkeologi dan telah membantu mengkonfirmasi dari mana orang-orang di kota kuno menenun pakaian mereka.

Pakaian yang dikenakan di Zaman Baru

Lebih dari 60 tahun, para ahli telah mendiskusikan jenis pakaian seperti apa yang telah digunakan orang-orang di situs permukiman Zaman Batu ini, ketika mereka menemukan potongan kain pertama di situs tersebut pada tahun 1962.

Baca juga: Studi Ini Tunjukkan 2 Jenis Kain Terbaik untuk Bahan Masker Universal

 

Beberapa ahli di bidang ini meyakini bahwa orang-orang di permukiman Zaman Batu di Turki ini membuat pakaian mereka dari wol, sedangkan sebagian lainnya menduga bahwa kain yang digunakan untuk membuat pakaian adalah dari linen.

Perdebatan selama 60 tahun ini pun akhirnya mulai terkuak. Bender Jørgensen dan timnya akhirnya menemukan jawabannya dan telah mempresentasikan temuan mereka di sebuah jurnal arkeologi, Antiquity.

Mungkin banyak orang yang belum pernah mendengar tentang atalhöyük, tetapi kota kuno ini dianggap sebagai superstar dalam lingkaran arkeologi.

"Ketika atalhöyük digali dari akhir 1950-an dan seterusnya, itu dianggap sebagai salah satu kota tertua yang pernah ada. Meskipun penemuan baru menunjukkan bahwa ini tidak lagi benar, tempat itu masih memiliki faktor selebriti yang tinggi," kata Jørgensen.

Diperkirakan orang-orang sudah tinggal di kota kuno tersebut lebih dari 9000 tahun yang lalu, dan 18 lapisan permukiman telah diidentifikasi. Orang menyebut permukiman Zaman Batu itu sebagai rumah sampai sekitar 7950 tahun yang lalu.

Baca juga: Berasal dari 1000 SM, Kain Ungu Ini Diyakini Pernah Dipakai Raja Daud

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com