Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenkes Kampanyekan Waktu Indonesia Gargle, Apa Tujuannya?

Kompas.com - 16/03/2022, 19:45 WIB
Ellyvon Pranita,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan RI, Perhimpunan Dokter Spesialis Telinga Hidung dan Tenggorok Bedah Kepala Leher Indonesia (Perhati-KL) bersama mitra strategis PT Mundipharma Healthcare Indonesia (Mundipharma) meluncurkan kampanye nasional ‘Waktu Indonesia Gargle’.

Peluncuran kampanye nasional Waktu Indonesia Gargle ini dilaksanakan dalam rangka menyambut World Oral Health Day yang diperingati pada 20 Maret 2022.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Kementerian Kesehatan RI, Dr drh Didik Budijanto, M.Kes mengatakan, kampanye ini bertujuan memperkenalkan gargle yang bermanfaat untuk meningkatkan kebersihan rongga mulut dan ber-gargle dengan Povidone-Iodine (PVP-I), sebagai perlindungan ekstra untuk pencegahan infeksi Covid-19.

Baca juga: Perlindungan Ekstra dari Virus Corona, Apa itu Gargle dengan PVP-I dan Manfaatnya?

Gargle adalah tindakan berkumur di pangkal tenggorok, yang merupakan cara untuk membersihkan kuman yang sudah masuk dari saluran pernafasan atas dan bersarang di tenggorok.

Gargle juga merupakan salah satu dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dianjurkan oleh tenaga kesehatan.

Dalam kondisi pandemi saat ini, kata Didik, PHBS juga dapat diimplementasikan dengan melakukan gargle secara rutin.

"Kampanye nasional ‘Waktu Indonesia Gargle’ yang merupakan kolaborasi pemerintah, organisasi profesi, dan pihak swasta, penting untuk dilakukan sesuai ketentuan," kata Didik dalam diskusi daring.

"Agar dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan saluran pernapasan bagian atas dan menjadikan ber-gargle atau berkumur sebagai bagian dari PHBS," lanjutnya.

Hal ini pun ditambahkan oleh Ketua PP Perhati-KL, Prof. Dr. dr. Jenny Bashiruddin, Sp.T.H.T.K.L.(K) dalam kesempatan yang sama.

Jenny menegaskan, bahwa gargle menjadi salah satu kegiatan yang sangat penting dilakukan dan seharusnya sudah jadi bagian dari perilaku sehari-hari.

Baca juga: Bukan Kumur atau Meludah, Cara Tes Covid-19 BioSaliva dengan Gargling

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com