Apa yang Terjadi pada Tubuh Saat Kita Bersedih? Sains Jelaskan

Kompas.com - 01/03/2022, 10:01 WIB
Zintan Prihatini,
Bestari Kumala Dewi

Sumber

KOMPAS.com - Anda tentu pernah merasa sedih yang disebabkan berbagai hal, misalnya karena hari yang buruk di tempat kerja ataupun saat merasa kehilangan seseorang yang dicintai.

Sedih bisa berlangsung dalam waktu singkat, tapi bahkan juga bisa hingga berlarut-larut.

Sayangnya, sedih berkepanjangan bisa membuat seseorang tidak semangat beraktivitas, dan berdampak pada psikologis maupun kesehatan fisik.

Bukan tidak mungkin, rasa sedih ini akan berkembang menjadi stres yang berisiko menimbulkan berbagai penyakit lain.

Sebenarnya, apa yang terjadi pada tubuh saat bersedih? Untuk menjawab hal ini misteri tubuh manusia akan membahasnya.

Baca juga: Mengapa Kita Menangis Saat Sedih?

Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Molecular Psychiatry pada tahun 2016, perasaan sedih dapat mengubah tingkat bahan kimia yang berhubungan dengan stres di otak.

Peneliti mengatakan, bahwa bahan kimia tersebut dapat meningkatkan protein inflamasi dalam darah, yang terkait dengan penyakit jantung, stroke, serta sindrom metabolik.

Seperti dikutip dari Prevention, Selasa (23/2/2016) ketika Anda merasa sedih, kadar bahan kimia otak yang bernama opioid akan meningkat.

Dijelaskan penulis utama studi dari UTHealth di Houston, Alan Prossin, peningkatan opioid mungkin berdampak negatif pada tubuh, berpotensi mengacaukan sistem kekebalan, dan meningkatkan risiko penyakit.

Dalam studinya, Prossin berkata bahwa opioid terkadang memicu pelepasan protein IL-18, yang kerap dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular.

"Meskipun kesedihan bukanlah depresi, itu masih menekan semua fungsi tubuh, hanya untuk rentang waktu yang jauh lebih singkat," jelas Psikolog Klinis, John E Mayer, PhD.

Mayer menambahkan, merasa sedih terus-menerus bisa menyebabkan sakit kepala, nyeri sendi, nyeri otot, dan lemahnya sistem kekebalan tubuh.

Baca juga: Sriwijaya Air SJ 128 Jatuh, Bagaimana Mengatasi Kesedihan Kehilangan Orang Terkasih?