Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sifat Bayangan yang Dihasilkan Macam-Macam Cermin

Kompas.com - 20/02/2022, 18:00 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Cahaya merupakan gelombang yang akan memantul jika mengenai permukaan, termasuk mengenai cermin. Cahaya yang datang ke permukaan cermin akan menghasilkan sifat bayangan yang berbeda berdasarkan jenis cerminnya.

Pemantulan cahaya pada cermin

Cermin akan memantulkan cahaya menjadi dua jenis bayangan, yaitu bayangan nyata dan bayangan maya. Bayangan nyata adalah bayangan yang terbentuk dari potongan garis cahaya pantul dan bisa ditangkap layar.

Sedangkan bayangan maya adalah perpotongan perpanjangan garis cahaya pantul. Bayangan maya tidak dapat ditangkap oleh layar dan hanya bisa dilihat di cermin.

Bayangan tersebut akan berbeda sesuai jenis cermin yang memantulkan. Terdapat 3 jenis cermin, yaitu cermin datar, cermin cekung, dan cermin cembung.

1. Pembentukan bayangan pada cermin datar

Cermin datar adalah cermin yang permukaan pantulnya berupa bidang datar. Cahaya yang datang akan dipantulkan kembali memenuhi hukum pemantulan. Sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin datar adalah maya, tegak, dan sama besar.

2. Pembentukan bayangan pada cermin cekung

Cermin cekung adalah cermin yang bersifat konvergen, artinya cermin ini mengumpulkan berkas cahaya. Cermin ini banyak digunakan sebagai reflektor pada lampu sorot. Cermin cekung memantulkan tiga sinar istimewa:

  • Sinar 1: sinar datang sejajar sumbu utama, akan dipantulkan melalui fokus.
  • Sinar 2: sinar datang melalui fokus, akan dipantulkan sejajar sumbu utama.
  • Sinar 3: sinar datang melalui titik pusat kelengkungan, akan dipantulkan kembali melalui titik pusat kelengkungan.

Secara umum, sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin cekung jika benda terletak di antara fokus dan titik pusat kelengkungan, maka sifatnya nyata, terbalik, diperkecil.

Baca juga: Seperti Apa Warna Bunglon jika Berada di Ruangan Penuh Cermin?

3. Pembentukan bayangan pada cermin cembung

Sifat cermin cembung merupakan kebalikan dari cermin cekung. Cermin ini menyebarkan cahaya atau disebut dengan divergen. Cermin cembung juga memantulkan tiga sinar istimewa, sebagai berikut:

  • Sinar 1: sinar datang sejajar sumbu utama, akan dipantulkan seolah-olah datang dari fokus.
  • Sinar 2: sinar datang menuju fokus, akan dipantulkan sejajar sumbu utama.
  • Sinar 3: sinar datang menuju titik pusat kelengkungan, akan dipantulkan kembali seolah-olah dari titik pusat kelengkungan.

Dengan prinsip tersebut, maka sifat bayangan yang dibentuk oleh cermin cembung adalah maya, tegak, dan diperkecil.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com