Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukti Dahsyatnya Letusan Gunung Thera Terungkap dari Penemuan Korban Tsunami Kuno

Kompas.com - 15/01/2022, 11:02 WIB
Mela Arnani,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Sekitar 3.600 tahun yang lalu, gunung berapi Thera yang berada di Laut Aegea meletus. Bukti dahsyatnya letusan gunung tersebut terungkap dari penemuan jasad korban tsunami oleh para arkeolog Turki.

Para arkeolog di Turki menemukan tulang belulang seorang pemuda dan seekor anjing yang terbunuh akibat peristiwa alam tersebut.

Penemuan kerangka ini pun mengungkapkan bahwa letusan Gunung Thera di masa lalu telah menyebabkan gelombang tsunami yang sangat besar.

Korban tsunami kuno itu adalah seorang pria berusia sekitar 17 tahun, terbunuh oleh salah satu gelombang tsunami dan hanyut ke dinding di Kota Zaman Perunggu dan sisa-sisa anjing ditemukan di dekatnya.

Namun, tak ditemukan bukti bahwa pria dan anjing ini tengah bersama saat terbunuh.

Adapun penggalian arkeologi di situs di Kota Esme, sekitar 70 kilometer sebelah barat Kota Izmer, dimulai lebih dari 10 tahun yang lalu, saat pekerja konstruksi yang membangun kompleks apartemen di tempat tesebut menemukan reruntuhan Zaman Perunggu.

Baca juga: Dahsyatnya Letusan Gunung Vesuvius Setara Bom Atom Hiroshima, Ini Kata Arkeolog

 

Namun, beberapa waktu belakangan ini para peneliti menyadari bahwa kehancuran yang terjadi disebabkan oleh tsunami dari letusan dahsyat Gunung Thera.

Hal tersebut diungkapkan oleh seorang arkeolog di Universitas Ankara Vasif ahoglu, yang memimpin penggalian dari 2009 hingga 2019.

“Butuh beberapa tahun, dan kemudian semuanya mulai memiliki makna. Ini sangat membantu, kami akan dapat menafsirkan semuanya dengan cara yang jauh lebih baik,” ujar ahoglu seperti dikutip dari Live Science, Jumat (14/1/2022).

Sejarah letusan Gunung Thera

Gunung berapi Thera, yang saat itu berada di pusat kepulauan yang dihasilkan dari pulau-pulau Aegea yang sekarang dikenal sebagai Santorini, meletus sekitar tahun 1600 SM.

Letusan dan tsunami yang ditimbulkan, menjadi salah satu bencana alam terburuk dalam sejarah manusia.

Menurut laporan NASA, ilmuwan memperkirakan gunung api Thera meletus dengan kekuatan 2 juta kali bom atom Hiroshima. Letusan dahsyat Gunung Thera ini pun menyebabkan gelombang tsunami yang sangat tinggi.

Baca juga: Dahsyatnya Letusan Gunung Tambora, Hancurkan 3 Kerajaan di Sumbawa

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com