Kompas.com - 14/01/2022, 16:01 WIB
Zaskia Adya Mecca ungkap suaminya, Hanung Bramantyo, jalani operasi saraf kejepit hari ini, Rabu (12/1/2022). Instagram @zaskiadyameccaZaskia Adya Mecca ungkap suaminya, Hanung Bramantyo, jalani operasi saraf kejepit hari ini, Rabu (12/1/2022).


KOMPAS.com - Sutradara Hanung Bramantyo membagikan kabar terbaru usai menjalani operasi saraf kejepit yang dialaminya.

Dalam unggahan di Instagram miliknya, Hanung menyebut dirinya masih belum bisa berkomunikasi lantaran pengaruh obat bius pasca-operasi.

"Selesai operasi, masi Halu ndak isa diajak ngomong dulu… mumpung obat biusnya masi bekerja, berasa abis Wrap party. Btw, makasih semua doanya," tulis akun @hanungbramantyo, Rabu (12/1/2022).

Sebelumnya, kabar mengenai Hanung Bramantyo operasi saraf kejepit dikabarkan oleh istrinya, Zaskia Adya Mecca melalui unggahan di Instagram Stories-nya.

Dijelaskan Zaskia, keputusan melakukan operasi tersebut diambil berdasarkan dua pilihan yang didapatkan dari berbagai sumber, termasuk para dokter.

"Disimpulkan pilihan nya dua; 1. Minum obat seumur hidup (pain killer) 2. Operasi dipasang ambalan dengan tingkat keberhasilan 96%," tulisnya.

Apa itu saraf kejepit seperti yang dialami Hanung Bramantyo?

Kondisi saraf terjepit atau saraf kejepit adalah untuk menggambarkan satu jenis kerusakan maupun cedera pada saraf, seperti dilansir dari WebMD, Rabu (13/10/2021).

Baca juga: Kenali Gejala dan Faktor Risiko Sakit Pinggang Akibat Saraf Kejepit

Saraf kejepit seperti yang dialami sutradara Hanung Bramantyo bisa terjadi karena adanya tekanan pada saraf.

Tekanan ini diakibatkan gerakan berulang, ataupun disebabkan karena terlalu lama menahan tubuh misalnya menekuk siku saat tidur.

Tekanan yang menyebabkan saraf kejepit biasanya terjadi di antara jaringan di sekitarnya, seperti tulang rawan, otot atau tendon.

Dilansir dari Mayo Clinic, Jumat (14/1/2022) tekanan yang terlalu lama ini mengganggu fungsi saraf sehingga dapat menimbulkan rasa sakit, kesemutan, mati rasa atau kelemahan di tubuh.

Di samping itu, saraf terjepit dapat terjadi di sejumlah tempat di tubuh, misalnya di tulang belakang bagian bawah yang dapat memberi tekanan pada akar saraf, lalu menyebabkan rasa sakit ke bagian belakang kaki.

Begitu pula pada kasus saraf terjepit di pergelangan tangan yang dapat memicu rasa sakit dan mati rasa di tangan serta jari atau disebut sindrom terowongan karpal.

Hanung Bramantyo operasi saraf kejepit, yang menurut keterangan Zaskia Adya Mecca, istrinya menjadi upaya yang dilakukan setelah berbagai pertimbangan.

Baca juga: Benarkah Saraf Kejepit Bisa Picu Sakit Pinggang? Ini Penjelasan Ahli

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.