Kompas.com - 14/01/2022, 12:32 WIB
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. SHUTTERSTOCK/Africa StudioIlustrasi vaksinasi Covid-19.
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com - Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin, mengatakan bahwa capaian vaksinasi Covid-19 di Indonesia telah mencapai lebih dari 280 juta dosis. 

Dengan angka tersebut, Indonesia berhasil naik menjadi peringkat empat dunia dari sisi capaian vaksinasi.

Meski demikian, pemerintah masih terus mendorong percepatan vaksinasi, terutama bagi kabupaten/kota yang belum memenuhi target 70 persen untuk vaksinasi dosis pertama. 

Di samping itu, pemerintah juga tengah mempercepat vaksinasi pada anak. Untuk wilayah Jawa Bali, vaksinasi dosis pertama untuk anak telah mencapai angka 30 persen. 

Terkait vaksin dosis ketiga atau vaksin booster, pemerintah telah mempersiapkan sejumlah merek vaksin untuk digunakan sebagai vaksin booster.

Baca juga: Ini Cara Cek Jadwal Vaksinasi Booster di Peduli Lindungi

Merek vaksin yang digunakan pun telah mendapatkan izin penggunaan darurat (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). 

6 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Vaksinasi Covid-19

Dilansir dari laman Satuan Tugas Penanganan Covid-19, berikut adalah 6 hal yang harus dilakukan sebelum vaksinasi Covid-19:

1. Jangan konsumsi minuman beralkohol

Kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol bisa melemahkan daya tahan tubuh. 

Jika berencana mendapatkan vaksinasi, hindari minuman beralkohol setidaknya 2 hari sebelum vaksinasi hingga sekitar 2 minggu setelahnya.

Ini penting dilakukan agar daya tahan tubuh tetap kuat dan dapat menghasilkan reaksi kekebalan tubuh yang baik untuk mencegah infeksi Covid-19.

Baca juga: Mengenal KIPI Vaksin Covid, Gejala Setelah Vaksinasi hingga Cara Mengatasi

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.