Dahsyatnya Letusan Gunung Vesuvius Setara Bom Atom Hiroshima, Ini Kata Arkeolog

Kompas.com - 02/12/2021, 20:01 WIB
Zintan Prihatini,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

KOMPAS.com - Letusan Gunung Vesuvius menjadi salah satu erupsi gunung terbesar yang pernah tercatat dalam sejarah. Arkeolog mengungkapkan dahsyatnya letusan gunung yang hancurkan kota Pompeii itu setara bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima, Jepang di masa Perang Dunia II.

Gunung Vesuvius di Herculaneum, kota Romawi Kuno, erupsi pada tahun 79 masehi.

Seorang arkeolog Italia menyebut bahwa efek letusan gunung berapi mematikan itu tampak pada kondisi korban di Herculaneum, kota selain Pompeii yang mengalami kehancuran akibat bencana tersebut.

“Korban yang tersisa di sini ditemukan dalam kondisi yang mirip dengan (korban bom atom) yang ada di Hiroshima. Anda akan merasakan (peristiwa) mengerikan dan tragedi,” ujar arkeolog dari proyek konservasi Herculaneum, Domenico Camardo dilansir dari The Guardian, Kamis (2/12/2021).

Gelombang panas piroklastik dari letusan gunung berapi Vesuvius ini mencapai 400 hingga 500 Celcius, yang dinilai dapat mendidihkan otak maupun darah manusia.

Sementara itu, Camardo menyebutkan para peneliti telah membedah sisa-sisa korban dari letusan Gunung Vesuvius yang ditemukan di pantai kota itu pada Oktober lalu.