Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Prinsip Diet Okinawa ala Jepang untuk Kesehatan Jantung dan Panjang Umur

Kompas.com - 06/01/2022, 08:02 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menerapkan diet Okinawa baik untuk kesehatan jantung. Bahkan, dengan menerapkan diet ala Jepang ini, diyakini dapat memberi Anda umur yang panjang hingga 100 tahun atau lebih.

Okinawa adalah sebuah pulau terbesar di Kepulauan Okinawa sekaligus di Kepulauan Ryukyu, Jepang. 

Diketahui bahwa pulau yang terletak di Barat daya Jepang ini terkenal memiliki presentase penduduk dengan harapan hidup tertinggi di dunia, karena banyak penduduknya yang hidup lebih dari 100 tahun.

Apa itu diet Okinawa?

Diet Okinawa adalah diet yang tidak terkait dengan penurunan berat badan, tetapi diet untuk hidup sehat.

Sejak pertengahan abad ke-20, diet Okinawa menjadi pola makan para penduduk. Bila dibuat perbandingan, pola makan memiliki rasio 10:1 antara karbohidrat dan protein. Penduduk lebih banyak mengonsumsi sayuran yang ditanam di rumah, tahu, dan beberapa makanan laut.

Konon, kunci umur panjang penduduk di sana adalah diet tradisional yang tinggi karbohidrat, rendah kalori, serta fokus pada tanaman dan sayuran yang ditanam sendiri. Diet Okinawa berisi makanan padat nutrisi tetapi rendah kalori, sehingga membuat penduduknya mengonsumsi kalori lebih sedikit.

Baca juga: 4 Diet Terbaik untuk Menurunkan Kadar Gula Darah pada Penderita Diabetes

Guru Besar Fakultas farmasi Universitas Airlangga (Unair), Prof Dr apt Mangestuti Agil, MS., Apt mengatakan, meskipun diet Okinawa ini belum banyak dibahas, tetapi para peneliti di Jepang sangat tertarik membahas mengenai diet ini.

Hasil studi menunjukkan bahwa diet ala Jepang itu mampu menurunkan angka kejadian penyakit jantung di tengah masyarakat Jepang.

Cara diet Okinawa ala Jepang

Manfaat diet Okinawa untuk kesehatan jantung telah terbukti menurukan risiko penyakit ini di antara masyarakat Jepang. Program diet Okinawa mempunyai variasi makanan yang sangat luas.

Ada sekitar 206 jenis masakan, di mana 18 jenis masakan harus tersedia di meja makan mereka setiap hari. Berikut beberapa hal yang dilakukan penduduk setempat dalam diet Okinawa ini.

1. Makan 80 persen dari kapasitas lambung

Prinsip utama dalam diet Okinawa adalah Hara Hachi Bu. Artinya, orang hanya bisa mengkonsumsi makanan sebanyak 80 persen saja dari kapasitas lambung.

Untuk memenuhi dan mengendalikan mengonsumsi makanan sebanyak 80 persen saja ini, dalam diet Okinawa disarankan pada saat akan makan, lauk-pauk atau makanan yang akan disantap disediakan dalam piring-piring kecil dan tidak menambahnya ketika sudah habis di meja.

Baca juga: 5 Diet Terbaik Menurut Sains, Diet Paleo hingga Mediterania

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com