Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/12/2021, 09:01 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Rumah sakit di Amerika Serikat bersiap menghadapi lonjakan kasus baru Covid-19 menyusul varian Omicron yang menyebar cepat. Namun, kekhawatiran lain muncul, sebab kemungkinan pengobatan standar selama ini akan kurang efektif melawan varian tersebut.

Dilansir dari Medical Xpress, Senin (20/12/2021), untuk mengobati Covid-19, dokter di Amerika Serikat menggunakan dua obat standar.

Kedua obat untuk terapi Covid-19 itu adalah obat antibodi Regeneron dan Eli Lilly. Obat-obat tersebut memiliki kemampuan mencegah penyakit parah dan menjauhkan pasien dari perawatan rumah sakit.

Baru-baru ini, kedua pengembang obat tersebut memperingatkan bahwa pengujian laboratorium menunjukkan terapi mereka akan kurang ampuh melawan varian Omicron.

Baca juga: Inggris Setujui Obat Covid-19 Sotrovimab, Tampaknya Bisa Lawan Omicron

 

Seperti diketahui, varian baru Omicron atau varian B.1.1.529 mengandung lusinan mutasi yang mempersulit antibodi untuk menyerang virus corona. Oleh karenanya, dokter khawatir pengobatan Covid-19 tidak akan efektif melawan varian Omicron.

Sementara itu, perusahaan mengatakan bahwa mereka berupaya untuk mengembangkan antibodi yang ditargetkan pada infeksi Covid-19 varian Omicron.

Antibodi ketiga dari produsen obat asal Inggris GlaxoSmithKline tampaknya berada pada posisi terbaik dalam melawan varian Omicron.

Kendati demikian, obat Glaxo tidak tersedia secara luas di Amerika Serikat, bahkan sebagian kecil dari jutaan dosis obat yang dibeli dan didistribusikan oleh pemerintah federal.

Terlepas dari varian Omicron yang semakin menjadi ancaman, saat ini, pejabat kesehatan AS menjatah pasokan obat-obat Covid-19 yang langka ke negara bagian.

Baca juga: Apakah Penyintas Covid-19 Berpotensi Terinfeksi Varian Omicron?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com