Kompas.com - 03/12/2021, 11:00 WIB
Logo perusahaan farmasi Inggris, GlaxoSmithKline (GSK), terpampang di pabriknya di Wavre pada 8 Februari 2021. Lokasi tersebut adalah tempat vaksin CureVac akan diproduksi. AFP PHOTO/KENZO TRIBOUILLARDLogo perusahaan farmasi Inggris, GlaxoSmithKline (GSK), terpampang di pabriknya di Wavre pada 8 Februari 2021. Lokasi tersebut adalah tempat vaksin CureVac akan diproduksi.

KOMPAS.com - Inggris menyetujui obat antibodi Sotrovimab untuk mengobati pasien Covid-19 yang berisiko tinggi mengembangkan gejala parah. Obat ini diyakini produsennya efektif melawan varian Omicron.

Sotrovimab dikembangkan oleh GlaxoSmithKline (GSK), perusahaan farmasi yang berbasis di Inggris dan Vir Biotechnology yang berkantor pusat di California, AS.

Sotrovimab adalah obat antibodi monoklonal, sejenis protein yang menempel pada protein spike virus corona, sehingga mampu mengurangi kemampuan protein spike untuk menempel dan menginfeksi sel tubuh manusia.

Baca juga: Peneliti Temukan Obat Antivirus Berbasis Tanaman Efektif Melawan Semua Varian Covid-19

"Obat antibodi sotrovimab aman dan efektif mengurangi risiko rawat inap dan kematian. Kemudian obat ini mampu mencegah gejala ringan berkembang menjadi gejala yang parah," kata Badan Pengatur Obat dan Produk Kesehatan Inggris (MHRA), dikutip dari AFP, Kamis (2/12/2021).

Menurut MHRA, dosis tunggal obat sotrovimab mampu mengurangi risiko rawat inap dan kematian akibat Covid-19 hingga 79 persen pada orang dewasa.

Sementara itu, pihak perusahaan GlaxoSmithKline (GSK) menambahkan bahwa dari data praklinis menunjukkan obat sotrovimab tampaknya efektif melawan varian baru Omicron.

"Data praklinis menunjukkan obat tersebut mampu melawan mutasi kunci dari varian Covid-19 Omicron," kata GSK dalam sebuah pernyataan.

"Hingga sekarang, sotroviman telah menunjukkan kemampuan melawan semua varian Covid-19 yang masuk kategori variant of concern dan beberapa variant of interest WHO," imbuh GSK.

Baca juga: Pil Covid Molnupiravir Merck Akhirnya Kantongi Izin FDA

Kendati sudah terlihat kemampuan sotrovimab dalam melawan mutasi kunci dari Omicron, saat ini pihak GSK masih melakukan pengujian mendalam untuk mengkonfirmasi aktivitas penetralan sotrovimab terhadap kombinasi mutasi Omicron.

Bagaimanapun, varian Omicron masih baru ditemukan dan oleh karenanya masih memerlukan waktu untuk menguji apakah benar sotrovimab efektif lawan Omicron.

Pihak GSK berharap dapat memberikan data pembaruan untuk Omicron pada akhir tahun 2021 ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.