Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Penyintas Covid-19 Berpotensi Terinfeksi Varian Omicron?

Kompas.com - 18/12/2021, 09:03 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Satu kasus infeksi varian Omicron telah teridentifikasi di Indonesia, Kamis (16/12/2021). Kasus pertama varian Omicron di Indonesia ini cukup membuat khawatir masyarakat, terlebih dengan isu penyintas Covid-19 berpotensi terinfeksi varian Omicron.

Benarkah demikian?

Sejak awal kemunculannya di Afrika Selatan, varian B.1.1.529 yang kemudian dinamai varian Omicron, membuat khawatir banyak negara karena penularannya yang sangat cepat dibandingkan dengan varian lainnya.

Selain itu, varian baru Omicron ini dianggap cukup berbahaya, sebab kemampuannya mempersulit sel kekebalan tubuh untuk menyerang patogen asing.

Hal ini membuat penyintas atau pasien yang sembuh dari Covid-19 menjadi khawatir apabila potensi terinfeksi Covid varian Omicron dapat lebih besar bagi mereka.

Ahli biologi molekuler Ahmad Utomo pun turut menjelaskan, mengenai kemungkinan pasien yang sembuh dari Covid-19 dapat terinfeksi varian Omicron.

"Kasus terinfeksi Omicron ya, bisa saja terjadi (pada pasien sembuh dari Covid-19), apalagi data terbaru memang menunjukkan varian Omicron mudah bereplikasi di saluran udara (bronkus)," kata Ahmad kepada Kompas.com, Jumat (17/12/2021).

Baca juga: Studi: Varian Omicron Lebih Mudah Menginfeksi Ulang Penyintas Covid-19

 

Menjelaskan potensi varian Omicron dapat menginfeksi pasien sembuh Covid-19, Ahmad mengatakan bahwa seperti diketahui, virus hanya dapat berkembang biak atau bereplikasi pada medium atau perantara dalam hal ini inang yang hidup seperti jaringan hewan, embrio, dan jaringan tumbuhan.

Sementara, untuk virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19 yang telah bermutasi menjadi varian Omicron ini diketahui sangat mudah berkembang di saluran udara manusia yakni bronkus.

Bronkus adalah cabang batang tenggorokan yang terletak setelah tenggorokan (trachea) sebelum paru-paru. Bagian ini merupakan saluran udara yang memastikan udara masuk dengan baik dari trakea ke alveolus.

Bronkus berfungsi mengantarkan udara dari saluran napas atas ke dalam paru-paru sekaligus mengeluarkannya dari paru-paru. 

Dalam beberapa kasus infeksi Covid-19, dampak yang diakibatkan oleh infeksi virus SARS-CoV-2 pada umumnya bisa menimbulkan kerusakan parah pada paru-paru.

Cara varian Omicron menginfeksi ulang tubuh

Sejumlah laporan telah menyebutkan bahwa varian Omicron berpotensi menyebabkan infeksi ulang pada penyintas Covid-19 atau pasien yang baru sembuh dari Covid-19. 

Baca juga: Cara Mencegah Covid-19 Varian Omicron Menurut WHO

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com