Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta-fakta Ikan Terbang, Hewan Laut yang Punya "Sayap"

Kompas.com - 12/12/2021, 17:32 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Ikan terbang (Exocoetidae) memiliki tubuh berbentuk torpedo yang ramping yang dapat membantu mereka mengumpulkan kecepatan bawah air yang cukup untuk memecahkan permukaan. Mereka juga memiliki sirip dada yang besar sehingga dapat mengudara.

Ikan terbang memiliki kemampuan meluncur yang luar biasa untuk melarikan diri dari pemangsanya, seperti ikan makarel, ikan tuna, ikan tondak, dan ikan besar lainnya.

Sementara itu, ikan terbang merupakan omnivora yang bisa memakan berbagai makanan, termasuk organisme kecil seperti plankton.

Fakta-fakta ikan terbang

Dilansir dari National Geographic berikut ini adalah fakta-fakta tentang ikan terbang:

1. Karakteristik ikan terbang

Setidaknya, saat ini, terdapat 40 spesies ikan terbang yang diketahui. Selain sirip dada, ikan terbang memiliki ekor bercabang yang tidak rata dengan lobus bawah lebih panjang daripada lobus atas.

Baca juga: 3 Manfaat Ikan Lele, Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Ada pula spesies ikan terbang yang memiliki sirip perut yang membesar sehingga dikenal sebagai ikan terbang bersayap empat.

2. Kemampuan terbang

Proses terbang atau meluncur yang dilakukan ikan terbang diawi dengan mendapatkan kecepatan tinggi di bawah air, yakni sekitar 59 km per jam.

Kemudian, ikan terbang bersayap empat itu memecah permukaan dan mulai terbang dengan memukul-mukul ekornya dengan cepat saat masih berada di bawah permukaan.

Saat terbang, terkadang ikan ini bisa mencapai ketinggian lebih dari 1,2 meter dan meluncur jarak jauh hingga hampir 200 meter. Begitu mendekati permukaan lagi, ia dapat mengepakkan ekor tanpa sepenuhnya kembali ke air.

Ikan terbang dapat melanjutkan penerbangannya tersebut dan telah tercatat melakukan penerbangan dengan luncuran berturut-turut yang mencakup jarak hingga 400 meter.

Baca juga: Peneliti di China Ciptakan Plastik Ramah Lingkungan dari Sperma Ikan Salmon

3. Menangkap ikan terbang

Ikan terbang tertarik pada cahaya, sebagaimana beberapa makhluk laut. Ini dimanfaatkan oleh nelayan untuk menangkapnya.

Kano, diisi dengan air yang cukup untuk menopang ikan, tetapi tidak cukup untuk mendorong mereka keluar, dibubuhi lampu yang memikat di malam hari untuk menangkap lusinan ikan terbang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com