Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Fakta Gerhana Bulan Sebagian 19 November 2021, Sejarah hingga Link Streaming

Kompas.com - 19/11/2021, 15:32 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Gerhana Bulan Sebagian menjadi fenomena istimewa yang tidak boleh Anda lewatkan hari ini, Jumat (19/11/2021). Ada beberapa fakta menarik dari peristiwa Gerhana Bulan Sebagian 2021.

Gerhana Bulan Sebagian hari ini disebutkan memiliki banyak sekali fakta-fakta uniknya. Berikut 7 fakta Gerhana Bulan Sebagian 2021 yang disebut terlama abad 21.

1. Gerhana bulan dalam Seri Saros

Gerhana Bulan Sebagian 19 November 2021 yang akan terjadi hari ini adalah gerhana ke-45 dan 71 gerhana dalam Seri Saros-126. 

Seri Saros adalah sekumpulan gerhana, dimana interval dua gerhana yang berurutan merupakan siklus Saros, yang berdurasi rata-rata 28 tahun 11 hari 8 jam dan terpaut sebesar 223 lunasi (siklus sinodis Bulan).

Seri Saros untuk Gerhana Bulan diawali dengan gerhana Bulan penumbral, yaitu ketika Bulan memasuki penumbra Bumi, kemudian perlahan memasuki umbra Bumi sehingga terjadi gerhana bulan sebagian.

Setelah itu, kemudian seluruh permukaan Bulan masuk ke dalam umbra sehingga terjadi gerhana Bulan total dan puncak dari Seri Saros ketika terjadi gerhana Bulan total sentral. Saat Bulan berada tepat di tengah umbra, gerhana Bulan akan mengalami durasi total paling lama.

Baca juga: Hari Ini, Gerhana Bulan Sebagian yang Disebut Terlama di Abad 21

 

2. Fakta Gerhana Bulan Sebagian terlama abad 21

Peneliti di Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang mengatakan, Gerhana Bulan Sebagian adalah kondisi ketika sebagian permukaan bulan tertutupi oleh inti bumi atau umbra bumi. 

Semakin bulan menuju ke pusat bayangan pada saat gerhana terjadi, maka durasi gerhana akan semakin lama. Faktor yang membuat gerhana bulan sebagian ini menjadi terlama adalah memiliki magnitudo gerhana 0,9875 yaitu berarti 97,85 persen lebar Bulan tertutupi umbra Bumi.

"Gerhana bulan sebagian kali ini 97,85 persen permukaan bulan itu tertutupi oleh umbra bumi, sehingga durasi gerhananya bisa mencapai 3 jam 28 menit," kata Andi kepada Kompas.com, Rabu (17/11/2021).

Fakta menarik dari durasi gerhana bulan ini dianggap paling lama, jika dibandingkan dengan gerhana bulan total terlama yang pernah terjadi pada tahun 2018, tetapi hanya dengan durasi satu jam 42 menit, dan 57 detik.

Fakta lain dari kebanyakan gerhana hanya bertahan selama kurang dari dua jam, maka peristiwa gerhana bulan sebagian hari ini akan menjadi yang terpanjang atau terlama di abad ini. 

Baca juga: Link Streaming Nonton Gerhana Bulan Sebagian di Indonesia Hari Ini

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com