Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Melihat Gerhana Bulan Sebagian Terlama Abad Ini

Kompas.com - 19/11/2021, 13:01 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Jangan sampai melewatkan peristiwa Gerhana Bulan Sebagian 19 November 2021, hari ini. Cara melihat Gerhana Bulan Sebagian terlama abad ini juga tidaklah sulit.

Peneliti di Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang mengatakan Gerhana Bulan Sebagian tahun ini akan menjadi yang terlama di abad 21 ini.

"Gerhana Bulan Sebagian kali ini 97,85 persen permukaan bulan itu tertutupi oleh umbra bumi, sehingga durasi gerhananya bisa mencapai 3 jam 28 menit," kata Andi seperti diberitakan Kompas.com, Rabu (17/11/2021).

Lebih lanjut Andi menjelaskan bahwa cara melihat atau menyaksikan fenomena Gerhana Bulan Sebagian terlama abad 21 ini tidak sesulit saat mengamati Gerhana Matahari.

"Gerhana Bulan Sebagian dapat disaksikan dengan mata tanpa alat bantu optik apapun," ungkap Andi.

Baca juga: Waktu dan Cara Melihat Gerhana Bulan Sebagian Terlama Abad Ini di Indonesia

 

 

Kendati demikian, apabila Anda tidak hanya ingin melihat, tetapi juga mengabadikan fenomena Gerhana Bulan Sebagian 19 November 2021 yang istimewa ini, maka disarankan untuk menggunakan kamera Digital Single Lens Refelx (DSLR).

Dapat juga mengabadikan Gerhana Bulan Sebagian ini dengan kamera ponsel mode pakar maupun kamera CCD yang terhubung dengan teleskop dan gawai Anda.

Tidak semua wilayah Indonesia bisa mengamati fase Gerhana Bulan Sebagian ini dari fase Awal Penumbra, fase Awal Sebagian, fase Puncak Gerhana hingga fase Akhir Sebagian.

Namun, seluruh wilayah Indonesia masih dapat menyaksikan fase Akhir Penumbra dari Gerhana Bulan Sebagian yang disebut terlama di abad 21 ini.

Adapun fase Akhir Penumbra Gerhana Bulan Sebagian akan terjadi pada pukul 19.05 WIB, 20.05 Wita, 21.05 WIT dan dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia. Masyarakat di Indonesia dapat melihat fase terakhir gerhana bulan sebagian terlama di abad ini dengan cara melihat langsung.

Baca juga: Gerhana Bulan Sebagian 19 November 2021 Jadi yang Terlama Abad Ini, Apa Alasannya?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com