Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Burung Kolibri Lebah, Burung Terkecil di Dunia

Kompas.com - 19/11/2021, 11:29 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comBurung terkecil di dunia adalah burung kolibri lebah atau bee hummingbird. Burung kolibri lebah hanya berukuran sebesar ibu jari orang dewasa. Bagaimana faktanya?

Karakteristik fisik burung kolibri lebah

Burung kolibri lebah memiliki nama latin Mellisuga helenae yang memiliki habitat asli di Kuba. Burung kolibri lebah jantan memilik panjang maksimal 57 milimeter di ukur dari paruh hingga ke ekornya. Beratnya hanya sekitar 1,6 gram saja.

Sedangkan burung betinanya memiliki ukuran sedikit lebih besar. Burung kolibri lebah betina bisa tumbuh hingga panjang maksimal 61 milimeter dengan berat 2,6 gram.

Burung kolibri lebah ini adalah jenis burung kolibri yang paling kecil. Saking kecilnya, burung ini sering salah dikenali sebagai serangga.

Ketika terbang, burung kolibri lebah bisa mengepakkan sayap sangat cepat hingga 80 kali per detik. Dengan kecepatan sayap seperti ini, burung kolibri lebah bisa terbang dengan kecepatan 11 meter per detik.

Selain itu, burung kolibri lebah adalah hewan dengan denyut jantung tercepat kedua di dunia. Jantung burung ini bisa berdetak hingga 1.260 kali per menit. Sebagai perbandingan, manusia ketika beristirahat memiliki detak jantung sebanyak 60 sampai 100 kali saja.

Burung kolibri lebah jantan memiliki warna merah mengilap pada bagian kepala dan lehernya. Selain itu di samping dadanya, bulunya juga berwarna merah. Sedangkan burung betina memiliki warna yang lebih sedikit dibandingkan dengan burung jantan.

Warna bulu burung jantan bertujuan untuk menarik perhatian burung betina ketika sedang musim kawin. Selain dengan warna bulunya, burung jantan juga memamerkan suaranya kepada burung betina.

Baca juga: Burung Merak, Macam-Macamnya, Karakter, dan Cara Berkembang Biak

Cara burung kolibri lebah berkembang biak

Burung kolibri lebah berkembang biak dengan cara ovipar, yaitu bertelur. Ukuran telur burung kolibri lebah hanya sebesar biji kopi. Sekali bertelur, burung kolibri hanya mengeluarkan 1 sampai 2 telur saja.

Telur tersebut akan dierami selama 15 sampai 18 hari. Setelah menetas, burung kolibri lebah akan mampu terbang sendiri setelah 18 sampai 38 hari di sarang. Burung kolibri bisa hidup hingga 7 tahun di alam.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com