Kompas.com - 19/11/2021, 07:31 WIB
Tangkapan layar berita populer Sains sepanjang Kamis (18/11/2021) hingga Jumat (19/11/2021). Mulai dari puncak hujan meteor Leonid, fosil palsu sesatkan cari bukti kehidupan di Mars, bagaimana mengantisipasi masalah kesehatan mental pada diri sendiri, hingga sungai terlebar di dunia. Kompas.comTangkapan layar berita populer Sains sepanjang Kamis (18/11/2021) hingga Jumat (19/11/2021). Mulai dari puncak hujan meteor Leonid, fosil palsu sesatkan cari bukti kehidupan di Mars, bagaimana mengantisipasi masalah kesehatan mental pada diri sendiri, hingga sungai terlebar di dunia.

KOMPAS.com - Puncak hujan meteor Leonid dengan intensitas maksimum 11-14 meteor per jam yang menghiasi langit tengah malam tadi menjadi salah satu berita populer Sains.

Selain itu, dalam studi terbaru ilmuwan mengungkap fosil palsu bisa menyesatkan upaya pencarian bukti kehidupan di Mars.

Berita tentang kapan harus mewaspadai gangguan kesehatan mental dalam diri sendiri turut menjadi artikel populer lainnya.

Berita populer terakhir adalah tentang sungai terlebar di dunia yang luasnya bisa setara Jerman.

Berikut rangkuman berita populer Sains sepanjang Kamis (18/11/2021) hingga Jumat (19/11/2021) pagi.

Puncak hujan meteor leonid semalam

Leonid adalah hujan meteor yang titik radian atau titik asal munculnya meteornya berada di konstelasi Leo.

Peneliti di Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Andi Pangerang Hasanuddin mengatakan, meteor Leonid berasal dari sisa debu komet 55P/Temple-Tuttle.

Komet 55P/Temple-Tuttle ini mengorbit Matahari dengan periode 33,3 tahun.

Menurut Andi, hujan meteor Leonid ini merupakan salah satu di antara beberapa hujan meteor lain yang dinantikan setiap tahun, selain Geminid, Lyrid, Perseid dan Orionid.

Hal ini dikarenakan, intensitas maksimum hujan meteor ini berkisar 11-14 meteor per jam untuk wilayah Indonesia dikarenakan ketinggian titik radian saat transit bervariasi mulai 52-69 derajat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.