Kompas.com - 19/11/2021, 07:05 WIB
Foto Alpha Centauri yang diambil menggunakan Digitized Sky Survey 2 (Image credit: ESO/Digitized Sky Survey 2)Foto Alpha Centauri yang diambil menggunakan Digitized Sky Survey 2

KOMPAS.com - Sebuah teleskop baru rencananya akan segera dibangun untuk mencari planet layak huni dalam sistem Alpha Centauri.

Alpha Centauri adalah tata surya terdekat dengan Bumi dan memiliki tiga bintang. Dua di antaranya seperti matahari kita.

Sementara bintang ketiga adalah bintang katai merah yang disebut Proxima Centauri, jenis bintang yang dingin, namun berumur panjang dan paling umum di alam semesta.

Katai merah ini diketahui memiliki setidaknya dua eksoplanet yang salah satunya cukup mirip dengan Bumi.

Baca juga: Ada 160 Planet Mirip Bumi, NASA Butuh Teleskop Canggih untuk Meneliti

Tetapi tampaknya jarang ada penelitian ilmiah yang terperinci dari sistem bintang yang hanya berjarak empat tahun cahaya ini. Padahal, planet-planet di Alpha Centauri tersebut dapat menjadi tujuan paling nyaman bagi umat manusia di luar tata surya kita.

Alasan itulah yang akhirnya melatarbelakangi misi baru untuk menyelidiki Alpha Centauri yang disebut TOLIMAN.

Mengutip Space, Kamis (18/11/2021) TOLIMAN yang berarti Alpha Centauri dalam bahasa Arab tersebut akan membawa teleskop baru yang dilengkapi dengan apa yang disebut lensa pupil difraksi yang menyebarkan cahaya bintang menjadi pola seperti bunga.

Lensa unik ini akan memudahkan para astronom menggunakan ruang lingkup untuk mendeteksi penyimpangan kecil dalam pergerakan bintang yang biasanya disebabkan oleh pengaruh gravitsi planet yang mengorbit.

"Misi TOLIMAN akan meluncurkan teleskop luar angkasa yang dirancang khusus untuk membuat pengukuran sangat halus dari posisi bintang di langit. Jika ada planet yang mengorbit bintang, itu akan menarik bintang yang memperlihatkan goyangan kecil tetapi terukur," kata Eduardo Bendek, insinyur optik di Jet Propulsion Laboratory NASA yang menjadi kolaborator dalam misi ini.

Misi tersebut diharapkan dapat menjawab beberapa pertanyaan paling dasar, seperti apakah Alpha Centauri memang menyimpan kehidupan atau menyediakan kondisi yang tepat untuk kelangsungan kehidupan.

Baca juga: Teleskop Luar Angkasa Hubble Deteksi Uap Air di Satelit Jupiter

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Space
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.