Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/11/2021, 20:32 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com – Pembuluh nadi yang paling besar disebut aorta. Aorta merupakan bagian penting dari sistem peredaran darah.

Setiap penyumbatan, penyempitan, atau tonjolan di aorta dapat menyebabkan masalah jantung dan aliran darah ke seluruh tubuh.

Beberapa kondisi yang dapat memengaruhi aorta adalah ruptur dan aneurisma yang merupakan tonjolan di dinding arteri.

Apa itu aorta?

Dilansir dari Medical News Today, aorta adalah arteri besar yang mengangkut darah beroksigen dari jantung ke seluruh tubuh.

Struktur aorta dimulai pada katup aorta yang memisahkan antara aorta dari ventrikel kiri jantung. Ventrikel kiri adalah ruang terakhir yang dilewati darah saat bergerak menuju jantung.

Baca juga: Pengertian dan Fungsi Pembuluh Arteri

Tepat di atas katup aorta, terdapat dua cabang yang dikenal sebagai koroner utama kiri dan koroner utama kanan. Dua cabang aorta ini bertanggung jawab untuk mengangkut darah ke otot jantung.

Dari katup aorta, aorta bergerak ke atas, meluas ke sekitar tulang rusuk kedua. Bagian ini dikenal sebagai ascending aorta.

Kemudian, aorta melengkung ke bawah dan ke kiri. Bagian ini di sebut lengkung aorta. Dari sini, aorta berjala ke bawah tubuh hingga ke bagian terakhir yang disebut aorta desendens.

Fungsi aorta

Aorta sangat penting untuk kesehatan karena merupakan pembuluh darah utama yang memasok darah beroksigen ke seluruh tubuh.

Setiap jaringan dan organ dalam tubuh membutuhkan darah beroksigen untuk tetap hidup dan berfungsi.

Baca juga: Struktur serta Fungsi Jantung dan Pembuluh Darah

Akibatnya, setiap masalah pada aorta, seperti penyumbatan, anomali struktural, atau pecah, dapat membahayakan semua organ dalam tubuh.

Masalah pada aorta dapat dipicu oleh penyakit tekanan darah tinggi dan kolesterol yang tidak terkontrol.

Dengan demikian, beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan dan fungsi aorta adalah mengonsumsi makanan yang menyehatkan jantung, berhenti merokok, dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com