Kompas.com - 15/10/2021, 20:32 WIB
Ilustrasi pembuluh darah ShutterstockIlustrasi pembuluh darah
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Berdasarkan fungsinya, pembuluh darah dibagi menjadi tiga, yakni pembuluh arteri (nadi), pembuluh vena (balik), dan pembuluh kapiler.

Pembuluh darah yang berfungsi untuk mengalirkan darah keluar dari jantung adalah pembuluh arteri.

Pembuluh arteri memiliki dinding yang tebal, kuat, dan elastis. Lapisan paling dalamnya adalah endotelium yang dikelilingi oleh otot polos.

Dilansir dari buku Sistem Gerak dan Sirkulasi, letak pembuluh arteri tersembunyi dari permukaan tubuh, namun denyutnya tetap terasa, misalnya di pergelangan tangan atau di leher.

Pembuluh arteri mempunyai sebuah katup yang terletak dekat dengan jantung. Fungsi katup tersebut adalah untuk menjaga darah agar tidak masuk kembali ke jantung.

Baca juga: Fungsi dan Cara Kerja Otot Jantung

Darah yang keluar dari jantung melalui dua pembuluh arteri, yakni pembuluh arteri pertama dari bilik kiri dan pembuluh arteri kedua dari bilik kanan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pembuluh arteri bilik kiri membawah darah yang mengandung banyak oksigen untuk didistribusikan ke seluruh tubuh. Pembuluh arteri yang ini dikenal juga sebagai nadi besar atau aorta.

Sementara itu, pembuluh arteri bilik kanan membawa darah dari seluruh tubuh yang mengandung karbon dioksida menuju paru-paru. Pembuluh ini dikenal juga sebagai pembuluh nadi paru-paru.

Pembuluh arteri memiliki perbedaan dan persamaan dengan pembuluh vena dan pembuluh kapiler.

Baca juga: Fungsi Organ Peredaran Darah pada Burung

Misalnya, pembuluh vena memiliki lapisan dalam yang juga dilapisi oleh endotelium yang dikelilingi oleh otot polos, sebagaimana pembuluh arteri.

Sementara itu, fungsi pembuluh vena dan pembuluh arteri berbeda. Pembuluh arteri berfungsi untuk mengangkut darah dari kapiler menuju jantung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.