Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/08/2021, 12:30 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comGaris khayal Bumi adalah garis yang membantu menentukan lokasi suatu wilayah di muka Bumi. Terdapat dua macam garis khayal Bumi, yaitu garis lintang dan garis bujur.

Garis lintang

Garis lintang adalah garis yang membagi Bumi secara horizontal. Titik 0 derajatnya berada di tengah Bumi dan disebut dengan garis khatulistiwa.

Garis khatulistiwa membagi Bumi menjadi dua bagian, yaitu bagian utara dan selatan. Bagian yang berada di atas garis khatulistiwa diberikan koordinat Lintang Utara (LU). Sedangkan bagian yang berada di bawah garis khatulistiwa dikoordinatkan dengan Lintang Selatan (LS).

Masing-masing LU dan LS terbentang hingga kutub. Lintang Utara terbentang dari 0 derajat di garis khatulistiwa hingga 90 derajat LU di Kutub Utara. Sedangkan Lintang Selatan berada di 0 derajat sampai 90 derajat di Kutub Selatan.

Garis bujur

Garis bujur terbentang secara vertikal dari barat ke timur. Garis ini dimulai dari 0 derajat di Greenwich, London.

Garis ini berjalan hingga 180 derajat ke timur dan 180 derajat ke barat. Garis yang berjalan ke timur disebut garis Bujur Timur (BT), sedangkan yang berjalan ke barat disebut garis Bujur Barat (BB).

Baca juga: Pengaruh Garis Lintang Terhadap Suhu Bumi

Fungsi garis khayal Bumi

Garis khayal ini sangat bermanfaat bagi manusia. Garis khayal Bumi utamanya membantu menentukan koordinat suatu lokasi di muka Bumi. Ini sangat penting untuk dunia penerbangan dan pelayaran.

Fungsi kedua adalah membantu untuk menentukan iklim suatu daerah. Ini merupakan fungsi dari garis lintang.

Berdasarkan garis lintang, iklim bumi terbagi menjadi empat:

  1. Iklim tropis: terletak pada 0° - 23,5° LU dan 0° - 23,5° LS
  2. Iklim subtropis: terletak pada 23,5° - 40° LU dan 23,5° - 40° LS
  3. Iklim sedang: terletak pada 40° - 66,5° LU dan 40° - 66,5° LS
  4. Iklim dingin: terletak pada 66,5° - 90° LU dan 66,5° - 90° LS.

Fungsi ketiga adalah fungsi dari garis bujur. Garis ini berfungsi membagi zona waktu. Waktu dimulai dari garis bujur 0 derajat di Greenwich. Oleh karena itu zona waktu disebut dengan Greenwhich Mean Time.

Untuk daerah yang berada di zona bujur timur, zona waktunya akan maju beberapa jam. Misalnya GMT-1, GMT-2, dan seterusnya.

Sedangkan daerah yang berada di zona bujur barat, zona waktunya mundur atau lebih lambat. Contohnya Jakarta berada di zona waktu GMT+7.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com