Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim Hujan Lebih Awal di Sumatera Utara, BMKG Jelaskan Penyebabnya

Kompas.com - 30/08/2021, 11:01 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Masyarakat di wilayah Provinsi Sumatera Utara diimbau waspada terhadap potensi banjir dan tanah longsor, karena musim hujan tiba lebih awal sejak bulan Juli lalu. Sedangkan di sebagian besar wilayah Indonesia lainnya, musim hujan diprakirakan akan dimulai September. 

Beberapa hari sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pada konferensi pers daring, Kamis (26/8/2021) mengumumkan bahwa awal musim hujan periode 2021/2022 di wilayah Indonesia secara umum akan mulai pada bulan depan. 

Periode musim hujan 2021 di Indonesia

Berdasarkan catatan BMKG, 85 persen Zona Musim (ZOM) di Indonesia baru sudah melewati periode musim kemarau.

Sehingga lebih lanjut diprediksikan, dari total 342 zom di Indonesia, sebanyak 14,6 persen diprediksi akan mengawali musim hujan pada September 2021.

Baca juga: Prediksi Musim Hujan Maju dari Biasanya, BMKG Minta Masyarakat Siap Mitigasi Bencana

 

Sumatera Utara sudah mengalami musim hujan sejak Juli lalu, sedangkan untuk wilayah yang akan mengawali musim hujan September 2021 ini yaitu Sumatera bagian tengah dan sebagian Kalimantan.  

Selanjutnya, awal musim hujan baru dimulai pada Oktober 2021 pada 39,1 persen wilayah di Indonesia, meliputi Sumatera bagian selatan, sebagian besar Kalimantan, Sulawesi, Jawa, dan Bali.  

Sementara itu, sebanyak 28,7 persen wilayah lainnya, musim hujan dimulai pada November 2021, meliputi sebagian Lampung, Jawa, Bali - Nusa Tenggara, dan Sulawesi. 

Lantas, mengapa wilayah Sumatera Utara bisa lebih dahulu memasuki periode musim hujan, daripada prakiraan cuaca secara nasional?

Menjawab persoalan ini, Kepala Stasiun Klimatologi Deli Serdang Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Syafrinal SH pun menjelaskan dalam keterangan tertulisnya, Jumat (27/8/2021).

Menurut Syafrinal, meski di sebagian wilayah Indonesia baru sudah melewati periode musim kemarau, tetapi memang sebagian besar wilayah lainnya justru sudah memasuki musim hujan. Salah satunya wilayah Sumatera Utara ini.

Baca juga: Musim Hujan 2020-2021, Indonesia Jadi Terbasah Ke-5 Sepanjang 40 Tahun

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com