Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahukah Anda, Bunga Matahari Tua Selalu Menghadap ke Timur

Kompas.com - 19/08/2021, 08:03 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Bunga matahari (Helianthus anuus) cenderung selalu menghadap matahari. Namun sadarkah Anda, bunga matahari yang lebih tua selalu menghadap ke timur.

Menurut peneliti, bunga matahari yang selalu menghadap ke timur lebih bahagia, lebih sehat, dan lebih produktif dibanding menghadap ke arah lain. Hal ini juga tergantung pada kehangatan matahari pagi.

Ini merupakan kesimpulan dari sebuah studi terbaru yang terbit di jurnal New Phytologist.

Peneliti dalam riset ini mempertanyakan kenapa bunga matahari dewasa cenderung menghadap ke timur. Padahal saat masih muda, bunga matahari lebih fleksibel dan selalu menghadap ke arah matahari.

Baca juga: Fakta Bunga Matahari, Cantik dan Pernah Jadi Sumber Makanan

Para ahli menemukan bahwa kehangatan dan cahaya dari Matahari yang terbit menarik lebih banyak lebah di pagi hari. Hal ini akhirnya membantu pertumbuhan lebih baik, produksi serbuk sari lebih awal, lebih banyak benih, dan keberhasilan reproduksi yang lebih tinggi.

"Ini terjadi hanya dengan (bunga matahari) menghadap ke timur," kata ahli biologi tanaman Stacey Harmer dari University of California Davis dilansir dari Science Alert, Sabtu (14/8/2021).

"Kenapa bunga matahari yang berusia tua lebih baik menghadap ke timur, karena mereka mampu menghasilkan lebih banyak keturunan."

Saat mereka tumbuh, bunga matahari muda menunjukkan perilaku tertentu seperti kepala bunga atau kapitulum, bergerak mengikuti arah Matahari melintasi langit, seperti yang terlihat dalam video di bawah ini.

Dalam penelitian sebelumnya yang diterbitkan pada tahun 2016, Harmer dan rekan-rekannya menemukan bahwa pelacakan ini membantu pertumbuhan tanaman dan bunga dalam menarik penyerbuk.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com