Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Hari Ini: M 5,9 Guncang Kaimana Papua Barat akibat Deformasi Batuan

Kompas.com - 02/08/2021, 15:18 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gempa hari ini bermagnitudo 5,9 mengguncang wilayah Kaimana, Papua Barat, pada Senin (2/8/2021) pukul 12.01 WIB.

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dimutakhirkan menjadi M 5,8.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno MSi dalam keterangan tertulisnya menyampaikan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4,45 derajat LS; 134,01 derajat BT.

Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 94 km arah selatan Kota Kaimana, Papua Barat, pada kedalaman 77 km.

Kendati lokasi pusat kejadian gempa tektonik ini berada di laut, tetapi pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 4,1 Guncang Teluk Kaimana Papua Tak Berpotensi Tsunami

 

Namun, dampak guncangan gempa hari ini dirasakan di daerah Kaimana dengan skala intensitas IV MMI, di mana bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut," ujarnya.

Mengenai sumber gempa itu sendiri, Bambang menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya deformasi batuan di Graben-Aru.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault)," kata dia.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 5,9 Guncang Sulawesi Tengah Terasa Hingga Palu

 

Serta, hasil monitoring BMKG hingga pukul 12.25 WIB, Senin, 2 Agustus 2021, belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (aftershock).

Dengan demikian, BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Upayakan agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa hari ini di Kaimana, Papua Barat, yang dapat membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 6,2 Guncang Kepulauan Talaud, 8 Kali Susulan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com