Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/08/2021, 16:03 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber CNN


KOMPAS.com - Para ilmuwan Inggris meyakini bahwa suatu hari akan muncul varian virus corona yang bisa mengalahkan vaksin yang ada saat ini.

Berdasarkan analisis oleh akademisi Inggris, yang diterbitkan kelompok penasihat ilmiah resmi Pemerintah Inggris, mengatakan bahwa hal itu hampir pasti akan terjadi.

Mereka meyakini bahwa akan muncul varian virus SARS-CoV-2 yang akan mengakibatkan kegagalan vaksin Covid-19 yang ada saat ini.

Dilansir dari CNN, Minggu (1/8/2021), dalam analisis yang belum ditinjau sejawat ini, studi tersebut masih cukup awal dan bersifat teoritis terkait varian virus corona yang disebutkan tersebut.

Dokumen seperti itu dirilis, sebagai publikasi pra-cetak yang telah memberikan bukti cepat kepada pemerintah selama keadaan darurat.

Makalah studi tertanggal 26 Juli 2021 ini telah diterbitkan pemerintah Inggris, pada Jumat (30/7/2021).

Baca juga: WHO Peringatkan Munculnya Varian Virus Corona yang Lebih Berbahaya

 

Dalam makalah tersebut, para ilmuwan menulis bahwa karena pemberantasan virus 'tidak mungkin', namun mereka memiliki keyakinan tinggi bahwa varian virus corona akan terus muncul.

Mereka mengatakan 'hampir pasti' bahwa akan ada akumulasi variasi antigen secara bertahap atau terputus-putus yang pada akhirnya mengarah pada kegagalan vaksin Covid-19 saat ini.

Para ilmuwan ini pun merekomendasikan agar pihak berwenang terus berupaya mengurangi penularan virus corona penyebab Covid-19, sebanyak mungkin.

Langkah ini dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi kemungkinan munculnya varian baru virus corona yang resistan atau kebal terhadap vaksin.

Selain upaya mengurangi risiko munculnya varian virus corona yang baru, para ilmuwan juga merekomendasikan agar penelitian saat ini didorong untuk lebih fokus pada pengembangan vaksin baru yang tidak hanya mencegah masuk rumah sakit dan penyakit.

Baca juga: Kenapa Nama Varian Virus Corona Diganti Alfabet Yunani? Ini Alasannya

Halaman:
Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com