Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yogyakarta Diguncang Gempa Bumi M 5,3, Bukan Gempa Megathrust

Kompas.com - 28/06/2021, 07:00 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Gempa bumi berkekuatan M 5,3 mengguncang wilayah Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, dan sekitarnya pada Senin (28/6/2021) pukul 05.15 WIB.

Dikutip Kompas.com dari cuitan akun Twitter Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono, dikatakan bahwa hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempa bumi selatan Yogyakarta ini berkekuatan M 5,3 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi Mw 5,1.

Daryono menjelaskan, melihat ground motion atau pergerakan tanah yang kuat, gempa ini berpusat di dalam lempeng (intraslab) pada kedalaman menengah.

"Padahal, magnitudo relatif kecil dengan spektrum guncangan yang luas. Mirip dengan gempa selatan Malang (pada) 10 April dan 21 Mei 2021," kata Daryono.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 4,6 Guncang Gunungkidul, Yogyakarta

 

"Gempa Yogyakarta M 5,3 pagi ini dirasakan di Bantul, Gunungkidul dalam skala intensitas III-IV MMI, Purworejo, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Nganjuk III MMI, Sleman, Yogyakarta II-III MMI, Klaten, Cilacap, Kebumen, Banjarnegara, Malang, dan Solo II MMI," tulis Daryono.

Lebih lanjut Daryono mengungkapkan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,56 LS dan 110,58 BT.

Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 66 km arah selatan Kota Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, pada kedalaman 61 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalamannya, gempa selatan Yogyakarta Mw 5,1 pagi ini merupakan jenis gempa menengah," tulis Daryono.

Baca juga: M 5,5 Guncang Malang Terasa Hingga Yogyakarta, Gempa Susulan Ke-8

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com